SOLOPOS.COM - Penampilan Down for Life di panggung Apokaliptika: A Journey of Rock In Solo pada Sabtu (18/12/2021) malam di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo. (Istimewa/Rock in Solo)

Solopos.com, SOLO — Terminal Tirtonadi di Kota Solo, Jawa Tengah, telah masuk dalam proyek inovasi Kementerian Perhubungan untuk dijadikan ruang publik dengan tujuan efisiensi terminal.

Pemerintah telah menyelesaikan proses aktivasi Terminal Tirtonadi. Saat ini, terminal Tipe A itu lebih dari sekadar terminal bus. Terminal Tirtonadi kini memiliki ruang serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, antara lain untuk aneka berbagai kegiatan seni, pameran, hingga pernikahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan yang berhubungan dengan acara-acara penting mulai dilangsungkan dan beberapa ruangan serta lapangan sudah mulai dimanfaatkan. Selengkapnya bisa dibaca di Blak-Blakan Wali Kota Gibran: Menciptakan Multiplier Effect Tirtonadi.

Nama Nusantara yang menjadi sebutan ibu kota baru negara di Kalimantan Timur menarik dibahas dalam konteks sejarah. Nusantara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sebutan atau nama bagi seluruh wilayah Kepulauan Indonesia. Berasal dari kata ”nusa” yang berarti pulau dan “antara” berarti luar.

Nusantara dikenal sebagai kata yang muncul pada era Kerajaan Majapahit, abad ke-14, dicetuskan oleh Gajah Mada melalui Sumpah Palapa. Nama Kutai Kartanegara kali pertama diketahui dari Kitab Negarakertagama. Kitab karangan Mpu Prapanca itu disusun pada tahun 1365. Gajah Mada diangkat sebagai patih Majapahir pada tahun 1331. Silakan mencermati lebih lengkap di Jejak Pasukan Penyerang Singasari di Seputar IKN Nusantara.

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan membangun sebuah museum yang menghadirkan Jogja pada masa lalu dan masa depan yang disebut proyek Jogja Planning Gallery (JPG) di kawasan Malioboro. Proyek ini bakal memindahkan Gedung DPRD DIY yang berada di kawasan Jl. Malioboro.

Wakil Wali Kota Jogja, Provinsi DIY, Heroe Poerwadi, belum bersedia menjelaskan detail tanggal pemindahan pedagang kaki lima (PKL) Malioboro menuju eks Bioskop Indra dan eks Kantor Dinas Pariwisata DIY. Saat ini Pemerintah Kota Jogja masih berkoordinasi dengan berbagai pihak. Silakan membaca selengkapnya di Malioboro akan Dilengkapi Museum Jogja Masa Lalu dan Masa Depan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyepakati jadwal pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 adalah pada tanggal 14 Februari 2024. Rapat kerja Komisi II DPR menyepakati usulan itu.

“Kami mengusulkan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024,” kata Ketua KPU Ilham Saputra dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Ilham menjelaskan tanggal 14 Februari 2024 adalah hari Rabu. Hari itu menjadi hari penyelenggaraan pemilihan umum dari tahun ke tahun di Indonesia. Ia mengatakan usulan tanggal 14 Februari 2024 pernah juga diusulkan pada konsinyering pertama antara pemerintah dan DPR. Selengkapnya bisa dibaca di Pemungutan Suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

Polisi menemukan kerangkeng manusia di rumah Bupati Langkat, Sumatra Utara, Terbit Rencana Perangin Angin. Kerangkeng itu diklaim sebagai tempat rehabilitasi pengguna narkoba yang dibuat sang kepala daerah secara pribadi. Saat ditemukan, ada empat orang yang berada di dalam kerangkeng tersebut.

Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Putra Panca,  mengonfirmasi penemuan kerangkeng manusia di Rumah Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin. Panca mengatakan polisi yang menemukan kerangkeng tersebut. Duduk perkaranya bisa dibaca di Kerangkeng Rumah Bupati Langkat Bukti Adanya Perbudakan di Era Modern.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan jurnalisme berkedalaman yang dilengkapi data dengan perspektif yang kuat dan terkait langsung dengan kepentingan membangun masyarakat yang kompeten. Silakan mendaftarkan diri agar bisa mengakses konten-konten premium tersebut.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya