SOLOPOS.COM - Terminal Ir Soekarno Klaten. (Dephub.go.id)

Solopos.com, KLATEN -- Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten bersama-sama aparat keamanan tetap bakal memantau Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten selama momen arus mudik dan balik Lebaran tahun 2021.

Ke depan, Dishub Klaten dan aparat keamanan segera menggelar rapat lintas sektoral guna membahas berbagai persiapan yang dibutuhkan menghadapi arus mudik dan arus balik 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Klaten, Sudiyarsono, mengatakan pelaksanaan rapat lintas sektoral membahas persiapan arus mudik 2021 sudah teragendakan dalam beberapa waktu terakhir. Hanya saja, kepastian pelaksanaan pembahasan tersebut masih dikoordinasikan dengan jajaran Polres Klaten.

Baca juga: Resmikan Terminal dan Stasiun Siaga Candi, Kapolres Klaten Acungi Jempol

"Sampai pagi ini, kami belum memperoleh informasi resmi dari pusat terkait larangan mudik 2021. Misalnya dilarang pun, kami tetap akan membahas lebib lanjut. Paling tidak, kami akan tetap memantau kondisi di terminal saat berlangsung arus mudik dan arus balik 2021," kata Sudiyarsono, kepada Solopos.com, Jumat (26/3/2021).

Sudiyarsono mengatakan Dishub Klaten dan aparat keamanan biasanya tetap mendirikan pos pemantauan di kompleks Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten saat arus mudik dan arus balik. Hal itu ditujukan memantau mobilitas warga yang naik atau pun turun dari bus.

"Saat ini, penumpang yang turun ke Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten tetap dipantau. Selain dicek suhu tubuh, juga diminta mengisi form identitas diri dan kondisi kesehatan. Ini untuk memudahkan dalam mencegah persebaran virus corona. Saat sekarang, rata-rata penumpang yang turun di terminal sekitar belasan orang sehari [penumpang dari luar daerah]," katanya.

Baca juga: Gampang dan Gratis, Pelaku Usaha Pangan Rumahan Klaten Diajak Urus PIRT

Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, mengatakan jajarannya telah meresmikan Terminal Siaga Candi di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten, Kamis (25/3/2021) sore. Peresmian itu merupakan salah satu upaya menghadapi momentum arus mudik dan arus balik 2021.

Menghindari Kerumunan

Melalui peresmian tersebut, diharapkan seluruh elemen masyarakat proaktif dalam menaati protokol kesehatan. Hal itu seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan.

"Apa yang kami lakukan ini juga untuk menghadapi momentum Lebaran nanti. Terkait berbagai hal itu, akan kami rapatkan secara lintas sektoral terlebih dahulu. Semua harus dipersiapkan lebih lanjut. Sesuai pengamatan kami, terminal sudah menaati protokol kesehatan. Baik di terminal atau pun di stasiun tak ada kasus Covid-19," katanya.

Baca juga: Di Klaten Muncul Klaster Keluarga, Warga Diimbau Tak Menggelar Tradisi Sadranan Besar-Besaran

Camat Klaten Tengah, Sofan, berharap situasi dan kondisi, baik di terminal atau pun di stasiun di Klaten menjelang Lebaran 2021 tetap berlangsung kondusif. Lokasi terminal dan stasiun berada di Kecamatan Klaten Tengah.

"Yang kami harapkan, saat arus mudik dan arus balik nanti berlangsung lancar. Semua bisa menaati protokol kesehatan," katanya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, baru saja mengumumkan terkait larangan mudik 2021, Jumat (26/3/2021). Larangan mudik itu berlangsung 6 Mei 2021-17 Mei 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya