SOLOPOS.COM - (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggandeng The Lawu Grup untuk mengelola Terminal Wisata Makutoromo. Sebagai langkah awal, terminal itu di-branding dengan nama Makutoromo Tourism Center (MTC).

Kerja sama ini dilakukan sebagai upaya untuk menghidupkan Terminal Mbangun Makutoromo di yang berlokasi di wilayah Kecamatan Karangpandan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dsiparpora) Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan di Terminal Wisata Makutoromo tersebut juga dilakukan pembaruan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: WISATA KARANGANYAR : STA Karangpandan bakal Disulap Jadi Terminal Wisata

“Konsep pembaruan bagi Terminal Wisata Makutoromo dengan cara mempermudah akses bagi kendaraan bus pariwisata untuk masuk. Kemudian memfungsikan bangunan utama menjadi rumah makan dan pusat oleh-oleh yang menjual produk-produk lokal dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah [UMKM] dan ekonomi kreatif di Kabupaten Karanganyar,” ujarnya dalam acara peluncuran MTC, Minggu (17/10/2021).

Titis menambahkan konsep pusat informasi yang diterapkan adalah menjalin kerja sama dengan pengelola wisata untuk menampilkan display informasi wisata dari destinasi masing-masing wisata.

Selain itu, juga menjual tiket terusan dan menjual promo diskon yang dijual dengan harga lebih murah.

Baca Juga: Gerabah Desa Wisata Karanganyar Bikin Sandiaga Uno Jatuh Cinta

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan Terminal Mbangun Makutoromo berlokasi di tempat yang strategis karena menjadi perlintasan dari beberapa wilayah kecepatan seperti Karangpandan, Matesih, dan Tawangmangu.

Diharapkan hal itu akan memberikan dampak baik bagi usaha yang dibangun di lokasi tersebut. “Saya minta Kepala Disparpora cari siapa saja yang menghidupkan kembali tempat ini. Gak bayar gak apa-apa, asalkan dapat menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, untuk memudahkan akses, tembok pagar depan lokasi tersebut akan dirobohkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya