SOLOPOS.COM - Sejumlah penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Jombor, Jumat (6/5/2022). (Harian Jogja/Lugas Subarkah)

Solopos.com, SLEMAN — Terminal Jombor, Kabupaten Sleman mulai dipadati penumpang bus arus balik Lebaran 2022. Peningkatan mulai terjadi pada Jumat (6/5/2022) dan diperkirakan puncaknya pada Sabtu dan Minggu (7-8/5/2022).

Penasehat Paguyuban Agen dan Perwakilan Bus Malam Terminal Jombor, Sonni Kurniawan menjelaskan pada Kamis (6/5/2022), keterisian bus sudah mencapai 97%.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Memang sudah terjadi peningkatan jumlah penumpang yang sangat signifikan. Ini bisa dilihat dari tingkat keterisian semua PO [perusahaan otobus],” katanya.

Dengan tingginya keterisian bus, arus balik diperkirakan masih terjadi hingga Senin (9/5/2022). “Karena penumpang yang seharusnya berangkat 8 Mei tidak mendapatkan tiket, mereka masih bersedia mundur 9 Mei,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Gua Pindul Gunungkidul Diserbu Wisatawan saat Libur Lebaran 2022

Untuk mengakomodasi membeludaknya penumpang, pihaknya menambahkan armada swadaya sebanyak 16 unit bus per hari. “Ini sudah terisi 60 persen untuk hari ini, untuk besok sekitar 85 persen, hari minggu sudah full,” ungkapnya.

Berbeda dengan arus mudik yang mayoritas penumpang dengan tujuan ke wilayah Sumatra seperti Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru dan Medan, pada arus balik ini penumpang dengan tujuan Jabodetabek mendominasi.

“Karena arus mudik pelajar mahasiswa banyak dari Sumatra. Untuk arus balik ini mayoritas Jabodetabek. Untuk arus balik Sumatra justru sepi,” katanya.

Jumlah penumpang pada libur Lebaran saat ini menurutnya juga meningkat dibanding 2019 karena masyarakat sudah menagan tidak mudik dua tahun.

Baca juga: Bandara YIA Buka 12 Ekstra Flight, Ini Penyebabnya

“Soalnya mungkin dua tahun masyarakat enggak mudik, kesempatan bagi masyarakat untuk mudik jadi mereka memanfaatkan waktu ini,” ujarnya.

Di Terminal Jombor terdapat 54 PO yang masing-masing PO memiliki tiga sampai 12 unit bus. Jadwal keberangkatan dimulai 12.30 WIB, 13.30 WIB, 14.00 WIB, 15.00 WIB dan terakhir 18.00 WIB. “Siang sampai nanti sore padat,” katanya.

Dari data monitoring penumpang angkutan lebaran Terminal Jombor selama periode 25 April hingga 5 Mei tercatat total sebanyak 1.166 bus AKAP, dengan total 7.768 penumpang berangkat dan 4.485 penumpang datang.

Berita ini telah dimuat di Harianjogja.com dengan judul: Penumpang Bus Mulai Menyemut di Terminal Jombor, Akhir Pekan Ini Puncaknya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya