SOLOPOS.COM - Peserta putaran final Piala Asia 2023 (te-afc.com)

Solopos.com, KUWAIT CITY–Timnas Indonesia memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia 2023 setelah lolos sebagai salah satu runner up terbaik kualifikasi dari Grup A.

Seluruh kontestan Piala Asia telah diketahui dengan berakhirnya kualifikasi yang menghasilkan 11 tim dari enam grup kualifikasi yang digelar di Bishkek, Kolkata, Kuala Lumpur, Kuwait City, Namangan dan Ulaanbaatar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kesebelas tim yang lolos ke putaran final Piala Asia 2023 itu, seperti dikutip dari AFC, bergabung dengan 13 tim yang telah memesan tempat mereka setelah putaran kedua kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2021.

Baca Juga: Bantai Nepal 7-0, Indonesia Akhiri Penantian 15 Tahun ke Piala Asia

11 Negara yang lolos putaran final Piala Asia 2023 dari kualifikasi adalah juara grup yaitu Yordania, Palestina, Uzbekistan, India, Bahrain dan Tajikistan.

Tim yang menjadi runner up terbaik adalah Indonesia, Thailand, Hong Kong, Malaysia  dan Kirgiztan.

Mereka bergabung dengan 13 tim yang lebih dulu memastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Mereka adalah juara 2015 Australia, China, juara tiga kali Iran, juara 2007 Irak, empat kali juara Jepang dan dua kali juara Korea Selatan.

Baca Juga: Klasemen Akhir Tim Runner Up Terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023

Kemudian Lebanon, Oman, juara bertahan Qatar, tiga kali juara Saudi Arabia, Suriah, Uni Emirat Arab dan Vietnam.

Putaran final Piala Asia 2023 belum ditentukan tempatnya setelah China mengundurkan diri sebagai tuan rumah. Federasi Sepak Bola Tiongkok (CFA) secara resmi menginformasikan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tidak dapat menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 karena pandemi Covid-19 yang saat ini melanda negara itu.

AFC belum memutuskan tuan rumah baru untuk Piala Asia 2023. Mereka menyatakan akan memberi tahu negara yang dipilih menggantikan China saat waktunya tiba.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kalah 0-1 Atas Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023

 

Daftar 24 negara peserta putaran final Piala Asia 2023:

  • Lolos kualifikasi pada Juni 2021:

Australia-juara 2015, China, Iran-juara tiga kali, Irak-juara 2007, Jepang-juara empat kali, Korea Selatan-juara dua kali juara, Lebanon, Oman, Qatar-juara bertahan, Arab Saudi-juara tiga kali, Suriah, Uni Emirat Arab, Vietnam.

  • Lolos kualifikasi pada Juni 2022:

Juara Grup: Yordania (Grup A), Palestina (Grup B), Uzbekistan (Grup C), India (Grup D), Bahrain (Grup E) dan Tajikistan (Grup F).

Runner up terbaik: Indonesia (Grup A), Thailand (Grup C), Hong Kong (Grup D), Malaysia (Grup E) dan Kirgistan (Grup F).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya