SOLOPOS.COM - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa. (Solopos.com-Antara/Boyke Ledy Watra)

Solopos.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi jenderal paling kaya di lingkungan TNI.

Harta kekayaan menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu senilai R179 miliar, atau hampir tiga kali lipat harta kekayaan Presiden Joko Widodo yang senilai Rp63 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Harta Andika Perkasa itu dilaporkan ke KPK pada Juni 2021, saat dirinya menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Perincian harta Andika termuat dalam situs https://elhkpn.kpk.go.id/. Sebagai perbandingan, calon pengganti Andika Perkasa yang sesama jenderal bintang empat, Laksamana Yudo Margono melapor hanya memiliki harta Rp11,3 miliar.

Baca Juga: Jenderal Andika Berharta Rp179 Miliar, Laksamana Yudo Margono Rp11,3 Miliar

Dari mana Andika Perkasa mendapatkan harta fantastis tersebut?

Pengakuan tentang asal muasal harta Andika Perkasa terkuak dari kanal Youtube metrotvnews, melalui acara KICK ANDY-Panglima Buka Suara, yang dirilis Senin (28/11/2022) dan dikutip Solopos.com.

Saat diwawancarai wartawan senior Andy F. Noya, Andika Perkasa buka-bukaan soal harta kekayaan yang dimilikinya.

Baca Juga: KSAD dan KSAU di Kapal Selam saat Presiden Pilih KSAL jadi Calon Panglima TNI

Menurut Andika Perkasa, harta senilai Rp179 miliar itu sebagian besar bukan miliknya melainkan milik sang istri, Diah Erwiany Trisnamurti Hendarti.

“Itu fakta (berharta Rp179 miliar). Yang jelas sebagian besar dari istri saya, karena saya bukan dari keluarga berada sekali, sebagian besar dari istri saya, mungkin secara kebetulan itu,” ujar Andika Perkasa.

Andika menjelaskan, harta istrinya tersebut merupakan pemberian dari ayahnya, Jenderal (Purn) AM Hendropriyono yang mantan Kepala BIN.

Sebagian besar harta pemberian Hendropriyono itu merupakan properti baik di dalam maupun di luar negeri.

Baca Juga: Rajin Perbarui LHKPN, Calon Panglima TNI Yudo Margono Berharta Rp11,3 Miliar

“Banyak hibah, yang memberikan mertua saya. Jadi sejak saya nikah mertua memberikan rumah, tanah. Ya itu bukan pilihan saya untuk tidak mau, demikian pula saat saya belajar di luar negeri juga diberikan. Gimana njawabnya ya, ya semua itu diberitakan mertua saya,” aku Andika Perkasa.

Sebenarnya, lanjut mantan KSAD ini, ada pilihan bagi dirinya untuk tidak melaporkan apa adanya harta yang ia miliki kepada KPK.

Namun sebagai bentuk transparansi, ia memilih untuk melaporkan hartanya tersebut kepada komisi antirasuah.

Baca Juga: Yudo Margono Calon Panglima TNI, Dudung dan Fadjar Warga Kehormatan TNI AL

“Itu pilihan apakah kita melapor apa adanya atau enggak? Saya memilih lapor apa adanya bahwa itu bukan dari yang saya dapatkan melainkan sebagian besar dari istri,” tutupnya.

Berdasarkan situs https://elhkpn.kpk.go.id/, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mempunyai kekayaan senilai Rp179,9 miliar.

Harta kekayaan yang berjumlah tiga kali lipat kekayaan Presiden Joko Widodo itu dilaporkan Andika Perkasa pada Juni 2021, saat dirinya menjabat Panglima TNI.

Baca Juga: Profil Yudo Margono, Anak Petani Madiun yang bakal Jadi Panglima TNI

Dengan jumlah tersebut, Andika menjadi jenderal paling kaya di lingkungan TNI.

Tertuang dalam LHKPN miliknya, Andika Perkasa tercatat memiliki tanah dan bangunan senilai Rp38,1 miliar, yang terdiri atas 20 bidang tanah dan bangunan.



Baca Juga: Disebut Layak Jadi Panglima TNI, Segini Harta Kekayaan Yudo Margono

Aset Andika Perkasa itu tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Andika Perkasa juga melapor ke KPK memiliki lima properti di luar negeri, masing-masing satu unit di Australia, dan empat unit di Amerika Serikat.

Andika Perkasa memiliki mobil merek Landrover Sport 3.0 V 6 AT tahun 2014 dan Mercedes-Benz Sprinter 315 tahun 2018 senilai Rp2,6 miliar.

Baca Juga: Yudo Margono Jadi Calon Tunggal, Begini Mekanisme Pemilihan Panglima TNI

Tak hanya itu, Andika Perkasa juga memiliki kekayaan dari harta bergerak lainnya senilai Rp10,1 miliar, surat berharga Rp2,1 miliar.

Kekayaan terbesar Andika Perkasa berupa kas dan setara kas dengan besaran Rp126,9 miliar.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu tidak memiliki utang sama sekali.

Harta kekayaan Andika hampir tiga kali lipat harta Presiden Jokowi yang tercatat senilai Rp63,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya