SOLOPOS.COM - Ilustrasi (losethecape.com)

Solopos.com, JAKARTA— Sepak bola kini telah menjadi industri yang menghasilkan pundi-pundi uang bagi para pelakunya. Tak heran, mereka yang bergelut di dalamnya pun kebagian berkahnya.

Para pemain sepak bola kini mendapatkan gaji fantastis. Dua pemain terbaik di dunia saat ini Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dapat menjadi contohnya.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Ronaldo yang saat ini bermain di Juventus mendapat gaji sekitar Rp9,6 miliar per pekan. Jumlah itu hanya selisih sedikit dari Messi yang menerima bayaran Rp9,4 miliar per pekan di Barcelona.

Namun gaji fantastis bukan hanya milik para pemain. Tak sedikit manajer atau pelatih yang juga menerima bayaran luar biasa.

Seperti dikutip dari detikcom, Kamis (25/3/2021), L’Equipe, media asal Prancis merilis 5 pelatih sepak bola dengan gaji tertinggi di dunia.

Baca Juga: Perusahaan Multinasional Hingga E-Commerce Siap Jadi Sponsor Persis Solo

5. Zinedine Zidane

covid-19 real madrid Zidane
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (Reuters)

Di nomor 5, ada Zinedine Zidane pelatihnya Real Madrid dengan gaji setahun mencapai US$19,6 juta atau setara Rp283 miliar. Zidane menggantikan Rafael Benítez sebagai pelatih Real Madrid sejak 4 Januari 2016. Sebelum jadi pelatih, Zidane dikenal sebagai bintang sepak bola dengan banyak pengalaman.Bersama sahabatnya Ronaldo, Zidane menjadi pemain sepak bola yang mampu meraih gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA sebanyak tiga kali. Ia juga pernah meraih Ballon d’Or pada tahun 1998.

4.Juergen Klopp

jurgen klopp juara liverpool juara liga inggris
Manajer Liverpool Jurgen Klopp. (Instagram/@liverpoolfc)

Di nomor 4 ada manajer Liverpool, Juergen Klopp. Gaji tahunan Kloop sebesar US$19,9 juta atau setara Rp287 miliar. Klopp resmi menjadi pelatih Liverpool dengan kontrak tiga tahun sejak 8 Oktober 2015. Klopp membawa Liverpool masuk ke final UEFA Europa League 2015-2016, final UEFA Champions League 2017-2018, dan menjuarai UEFA Champions League 2018-2019.

Setelah membawa Liverpool juara Champions League, Klopp juga membawa Liverpool menjadi juara UEFA Super Cup 2019 dan FIFA Club World Cup 2020 serta menjadikan Liverpool untuk pertama kalinya setelah 30 tahun menjadi juara Premier League 2019-2020.

Baca Juga: Mau Bikin Persis Solo Kuat, Eko Purdjianto Beri Sinyal Boyong Para Pemain Liga 1 Ini

3.Jose Mourinho

Jose Mourinho. (Reuters Tony O'Brien)
Jose Mourinho. (Reuters Tony O’Brien)

Di nomor 3 ada Jose Mourinho. Manajernya Tottenham Hotspur ini sama seperti Klopp, dibayar sebesar US$19,9 juta atau setara Rp287 miliar per tahun. Dia dikenal sebagai pelatih dengan kepribadian yang kuat .

Meski strateginya acapkali dikritik karena memainkan sepak bola negatif, dia adalah jaminan prestasi yang sahih. Tidak jarang Mourinho disebut ” pelatih spesialis piala ” dengan keberhasilannya merebut empat trofi domestik di empat negara yang berbeda.

2.Pep Guardiola

Josep Guardiola Sala. (Reuters)
Josep Guardiola Sala. (Reuters)

Di nomor 2 ada Pep Guardiola. Manajernya Manchester City ini dibayar US$26,5 juta atau setara Rp382 miliar per tahun. Dia menangani City sejak 2016. Sebelum menjadi pelatih, dia merupakan seorang mantan pemain sepak bola Spanyol. Guardioladahulu berposisi sebagai gelandang bertahan. Ia melatih Barcelona sejak 2008 hingga Juni 2012 dan mulai awal musim 2013–14 menjadi pelatih FC Bayern München. Ia juga pernah bermain untuk tim nasional Spanyol dan tim nasional Catalunya.

Baca Juga: Soal Kabar Cristian Gonzales Merapat Ke Persis Solo, Ini Respons Coach Eko Purdjianto

1. Diego Simeone

Diego Simeone
Diego Simeone (JIBI/REUTERS/Eloy Alonso)

Di nomor pertama ada pelatihnya Atletico Madrid, Diego Simeone. Gaji tahunannya mencapai angka US$50,6 juta atau setara Rp731 miliar. Diego Pablo Simeone,50, adalah mantan pemain sepak bola Argentina. Ia meraih 106 kap bersama Argentina, mencetak 11 gol. Saat aktif di lapangan hijau, ia bermain sebagai gelandang bertahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya