SOLOPOS.COM - ilustrasi sepeda motor (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA–Masih langkanya cip atau semikonduktor, penjualan sepeda motor menjadi tersendat.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku intens melobi pelaku industri tersebut untuk menyediakan lebih banyak.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Sejak tahun lalu saya melobi secara intens kepada pelaku industri cip baik dalam maupun luar negeri agar mau ekspansi di Indonesia,” katanya saat dihubungi bisnis.com, Rabu (18/5/2022).

Agus menjelaskan bahwa disrupsi rantai pasok cip sudah mengganggu seluruh produsen otomotif tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia.

Baca Juga: Matic Dominasi Penjualan Motor Honda di Jateng

“Ini [mengajak pelaku industri cip ekspansi] memang tidak mudah. Tapi potensi pasar Indonesia sangat besar,” jelasnya.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), distribusi motor dari Januari sampai April atau sepanjang tahun ini (year to date/ytd) untuk pasar domestik sebanyak 1.702.058 unit, sedang ekspor 224.236 unit.

Penjualan untuk dua sektor tersebut turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Pasar domestik pada 2021 sebesar 1.766.852 dan ekspor 288.035.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala penjualan yang loyo diakibatkan beberapa anggota asosiasi yang kesulitan masalah cip.

“Jadi otomatis berpengaruh. Apalagi dengan situasi beberapa tempat ini kan pengaruh dari lockdown,” katanya saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Bursa Motor Jogja Diharapkan Dongkrak Penjualan Motor

Sigit menjelaskan bahwa kelangkaan cip masih belum juga tertangani meski sudah berlangsung selama setahun. Tentunya ini masih menjadi momok untuk meningkatkan penjualan.

“Sebetulnya permintaan bagus. Dari data kita cukup besar peminatnya. Tapi kita tidak bisa penuhi masalah cip itu sehingga membuat daftar tunggu lebih panjang,” jelasnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Penjualan Motor Tersendat karena Cip, Menpenrin Intens Lobi Pelaku Usaha

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya