Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Terkenal di Pulau Kalimantan, Apa itu Sosok Kuyang?

Berikut penjelasan mengenai apa itu kuyang yang terkenal dan disebut legenda asal Kalimantan.
SHARE
Terkenal di Pulau Kalimantan, Apa itu Sosok Kuyang?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi penampakan kuyang. (Instagram/ @misterisolo)

Solopos.com, SOLO — Hantu di tiap daerah memiliki beragam nama dan bentuk yang diyakini dari orang-orang terdahulu. Di daerah Borneo atau pulau Kalimantan terdapat legenda yang bernama kuyang. Lantas apa itu kuyang? Sosok manuisa atau hantu?

Kuyang dikenal sebagai makhluk jadi-jadian yang konon muncul di Borneo atau Tanah Kalimantan. Kuyang berwujud manusia dengan kepala yang terpisah dari badannya dan diikuti organ dalam, yakni paru-paru, usus, jantung, dan hati.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Baca Juga: Asale Gunung Bromo, Muncul Setelah Letusan Dahsyat Gunung Tengger

Berdasarkan keterangan akun Instagram @misterisolo, apa itu kuyang dijelaskan di mana legenda tersebut merupakan manusia yang memiliki perjanjian tertentu dengan alam ghaib. Konon, kuyang itu perwujudan dari manusia yang mendalami ilmu gaib supaya awet muda dan beberapa ilmu sakti yang hebat.

Namun demikian, manusia tersebut tidak bisa melepas perjanjian dan berbuah kutukan. Hal itulah yang membuat manusia yang melakukan perjanjian itu lantas berubah menjadi kuyang.

Untuk meneruskan penerus, kuyang memiliki dua versi. Pertama, anak tersayang kuyang otomatis menjadi penerus dengan menjadi sosok kepala yang berpisah dengan organ dalamnya. Kedua, kuyang akan memberikan kepada orang yang ingin meneruskan melalui media minyak kuyang.

Baca Juga: Petilasan Ki Kebokanigoro Boyolali, Tempat Bersemedi Kabulkan Hajat

Kuyang ketika beraksi, konon akan meninggalkan badannyadi tempat yang aman dan terlindungi. Sementara kepala kuyang akan mencari bayi yang baru lahir, ari-ari, dan darah nifas sebagai mangsannya.

Sosok kuyang memiliki kelemahan yakni ketika tubuh ditemukan orang lain, kemudian disembunyikan saat kepalanya berkelana. Kuyang akan mati karena kelelahan. Namun, ada beberapa orang yang mengaku mendapatkan keberkahan ketika menolong kepala kuyang dengan mempersatukan badannya. Si kuyang, konon memiliki sihir hebat yang dapat mewujudkan hajat orang yang membantunya.

Mitos Menjauhkan dari Kuyang

Di Kalimantan, kuyang kerap menampakkan diri saat mencari darah perempuan yang baru melahrikan di rumah sakit. Untuk menjauhkan dari gangguan kuyang, banyak orang tua yang meletakkan gunting, pisau, dan pemotong kuku di samping tempat tidur bayi yang baru lahir.

Baca Juga: Hiii.. Perempuan Ini Ngaku Punya Pacar Hantu, Begini Kisahnya

Cara lain untuk menjauhkan dari kuyang yaitu dengan memasang ijuk di sekitar pintu dan jendela agar kuyang takut memasuki rumah. Itulah penjelasan mengenai apa yang dinamakan kuyang, legenda terkenal asal Kalimantan.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Misteri Kota Solo Raya (@misterisolo)



Kata Kunci : Kalimantan Misteri Hantu
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode