SOLOPOS.COM - Gus Miftah. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO-Terkait hak asuh terhadap anak Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Gala Sky, Gus Miftah punya pendapat.  Sebagaimana diketahui dua pihak keluarga sama-sama mengajukan permohonan perwalian di dua pengadilan yang berbeda.

Gus Miftah berpendapat perwalian mestinya diberikan kepada orang yang paling dekat dengan yang bersangkutan. Hal itu diungkapkannya dalam video yang diunggah kanal Youtube KH Infotainment pada Rabu (24/11/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut pendapat Gus Miftah perwalian atas Gala Sky Andriansyah tak harus berdasarkan hukum Islam. Jika pihak keluarga ingin menggunakan hukum adat, boleh saja, selama mereka bersepakat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Hukum waris itu bisa menggunakan hukum agama maupun hukum adat artinya hukum adat itu baiknya bagaimana menurut agama dan ahli waris. Tidak harus menggunakan hukum waris Islam,” bebernya seperti dikutip dari kanal Youtube KH Infotainment berjudul Diduga Ada Perebutan Hak Wali Gala, Gus Miftah Angkat Bicara pada Rabu (24/11/2021).

Gus Miftah mengingatkan yang lebih dekat dan punya garis keturunan atau masih satu nasab biasanya lebih berhak beroleh hak asuh anak yatim piatu. Selain itu dia juga mengingatkan supaya keluarga menjaga dengan baik harta anak yatim piatu.

Baca Juga: Adik Vanessa Angel Luncurkan Lagu Baru, Warganet Malah Puji Adik Bibi

“Jangan kamu dekati harta anak yatim kecuali dengan cara yang baik. Artinya dengan cara yang baik itu adalah dimanfaatkan untuk kesejahteraan si anak yatim,” Gus Miftah mengingatkan.

Gus Miftah juga memiliki pendapat supaya kedua keluarga tidak ribut hanya gara-gara persoalan warisan. “Tapi jangan sampai, saran saya, ribut hanya gara-gara soal warisan. Kasihan Gala-nya. Kewajiban paling penting hari ini adalah membesarkan Gala terutama dalam pendidikan,” tuturnya.

Di atas semua itu, cinta untuk Gala Sky Andriansyah adalah yang utama. Hak asuh perlu dikomunikasikan antarkeluarga secara jernih. Semua demi kesejahteraan dan masa depan Gala. Ia menambahkan, Gala Sky Andriansyah berhak atas ilmu dan budi pekerti. Mereka yang mengasuhnya dengan cinta dan ketulusan akan beroleh ganjaran serta dimuliakan Sang Khalik.

Baca Juga: 8 Drama Korea yang Dibintangi Park Shin Hye, Ada The Heirs

Sementara itu sebelumnya ayah Bibi Andriansyah, H. Faisal, mengatakan fokusnya saat ini memastikan masa depan Gala Sky tetap cerah meski jadi anak yatim piatu. Ia bermaksud menjual harta peninggalan Vanessa-Bibi lalu uangnya ditabung di bank buat Gala.

“Saya tidak akan memberatkan. Saya akan mendidik dengan cara terbaik. Bagi saya sampai saat sekarang, tetap pemikiran saya, inginnya saya yang bisa saya jadikan uang. Saya jadikan uang kemudian ditaruh di bank, berupa tabungan atau deposito, saya tandatangani berdua dengan bapaknya Vanes. Jadi kalau ada yang ambil harus berdua kami tanda tangan. Mau saya seperti itu,” bebernya seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (24/11/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya