SOLOPOS.COM - Terios 7 Wonders 2022 di Sumba, Nusa Tenggara Timur mengambil tema Beautiful Sumba Exploration. (Istimewa)

Solopos.com, SUMBA — Daihatsu memulai petualangan Terios 7 Wonders tahun 2022 di Sumba, Nusa Tenggara Timur melalui tema Beautiful Sumba Exploration, pada Kamis-Minggu (24 – 27/3/2022) dengan menempuh rute total sekitar 300 kilometer (Km).

Pada petualangan Terios 7 Wonders kali ini, tim ekspedisi akan menggunakan 5 unit Terios untuk menjelajahi 7 destinasi atau wonders yang dibagi menjadi 3 hari perjalanan, mulai dari Danau Weekuri, Desa Adat Prai Ijing, Desa Adat Prailiu, Bukit Tenau, Pantai Puru Kambera, Air Terjun Tanggedu, dan Savana Tanggedu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com, Jumat (25/3/2022), pada hari pertama Kamis (24/3/2022), tim ekspedisi Terios 7 Wonders langsung menuju Sumba Barat, Tambolaka untuk mengunjungi Wonders 1, yakni Danau Weekuri.

Danau Weekuri merupakan danau air asin yang terletak di Desa Kalena Rongo, berjarak sekitar 60 Km dari Tambolaka, dan merupakan ibu kota kabupaten Sumba Barat Daya.

Baca Juga: Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Akses yang dilalui pun cukup menantang dengan kondisi jalan menuju lokasi danau yang bervariatif. Beberapa jalan sudah beraspal halus namun ada sebagian jalan yang masih berbatu dan masih dalam proses pengerasan tanah.

Pada suatu lokasi di tengah perjalanan menuju Weekuri, di kiri jalan rombonga melihat sebuah resort milik warga negara Prancis yang mengelola Pantai Mandorak, salah satu pantai di wilayah Kodi.

Melansir dari Wikipedia, nama Weekuri berasal dari bahasa Sumba, Wee yang berarti air, dan Kuri berarti parutan atau percikan. Danau Weekuri dipercaya terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sehingga menembus ke daratan.

Danau ini dikelilingi oleh batu karang yang memisahkannya dengan laut. Mitos setempat menyebutkan bahwa Weekuri konon dahulu merupakan nama sebuah perkampungan yang tenggelam akibat meluapnya air laut.

Baca Juga: Hadir di Lampung, Daihatsu Urban Fest Ajak Milienial Seru-Seruan

Danau Weekuri memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar terjauh 50 meter. Kedalaman danau berkisar 30 cm hingga 2,5 meter saat surut namun dapat mencapai lima meter saat laut pasang.

Selain dapat menikmati keindahan Danau Weekuri dengan bermain air ataupun berenang, pengunjung juga dapat menikmati dan menjelajahi keindahannya dari ketinggian.

Selesai mengunjungi destinasi Wonders 1, tim ekspedisi melanjutkan perjalanannya kembali menuju Tambolaka untuk beristirahat, dan bersiap melanjutkan perjalanan menuju destinasi Wonders berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya