Terima Vaksin Covid-19 Booster, Warga Lansia Solo: Saya Jadi Tenang

Sejumlah warga lanjut usia atau lansia yang mendapat giliran awal pemberian vaksin Covid-19 booster di Kota Solo mengaku merasa senang mendapat dosis ketiga itu.
SHARE
Terima Vaksin Covid-19 Booster, Warga Lansia Solo: Saya Jadi Tenang
SOLOPOS.COM - Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 atau dosis ketiga atau booster kepada warga lansia di RSUD Ibu Fatmawati Sukarno, Ngipang, Kadipiro, Banjarsari, Solo, Jumat (14/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Ratusan warga lanjut usia (lansia) dari berbagai kelurahan di Kota Solo menerima vaksin Covid-19 booster di RSUD Ibu Fatmawati, Ngipang, Banjarsari, Jumat (14/1/2022) pagi. Vaksin dosis ketiga itu diharapkan bisa menambah imunitas mereka terhadap virus Corona jenis baru.

Salah seorang penerima vaksin, Walujo, 77, mengaku sudah menunggu vaksinasi booster tersebut sejak pemerintah mengumumkan programnya. “Ya, saya senang. Keselamatan saya makin terjamin,” kata warga Kelurahan/Kecamatan Banjarsari itu, Jumat.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Walujo mendapatkan undangan vaksinasi booster dari pengurus RT. Ia tak menyangka mendapat giliran awal. Vaksin dosis kedua diterimanya pada Mei 2021.

Baca Juga: DKK Solo Cari Penderita Imunokompromais untuk Diberi Vaksin Booster

Hal senada disampaikan warga lansia asal Solo lainnya, Suradi Ciptodiharjo, 69, yang mengaku antusias menerima vaksin Covid-19 booster. Ia pun berterima kasih kepada pemerintah, karena sudah memberi vaksin tiga kali untuk menjaga imunitas tubuh.

“Saya dapat undangan dari Pak RT, sama seperti vaksin pertama dan kedua pada Maret lalu. Saya jadi merasa tenang sesudah mendapatkan booster karena katanya ada varian baru Omicron itu,” terangnya.

Baca Juga: Stok Terbatas, Vaksin Booster di Solo Hanya Cukup untuk 400 Orang

Cari Tambahan Vaksin

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang menyaksikan vaksinasi booster perdana itu menyebut pelaksanaan berjalan lancar dan seluruh sasaran antusias. Ia masih mengusahakan tambahan vaksin mengingat stok saat ini yang hanya cukup untuk 400 warga.

“Saya tadi sudah minta juga Pak Dandim dan Kapolresta untuk program ini. Tetapi, dari TNI/Polri, yang tersedia masih Sinovac semua. Kami ada pinjaman dari daerah lain, tapi sesudah ini harus main sendiri [tidak boleh meminjam]. Stok untuk pekan depan masih kami minta lagi tambahannya,” ucap Gibran.

Baca Juga: Kickoff Vaksinasi Booster Solo 14 Januari, Giliran Pertama Warga Lansia

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan vaksin Covid-19 booster untuk warga lansia dan kalangan rentan hanya digelar di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes), yakni rumah sakit (RS) dan Puskesmas. Namun untuk tiga hari ke depan hanya dilaksanakan di RSUD Ibu Fatmawati.

“Kami mengantisipasi adanya KIPI [kejadian ikutan pascaimunisasi], mengingat boosternya bersifat heterolog,” jelasnya. Pekan ini, Pemkot Solo mengajukan permohonan kiriman Sinovac 30.000 dosis, Moderna 20.000 dosis, dan AstraZeneca 20.000 dosis.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago