SOLOPOS.COM - Karyawan Madiun Umbul Square menjual tiket masuk objek wisata tersebut di Sunday Market Taman Lalu Lintas Bantaran Kota Madiun, Minggu (7/3/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Karyawan Madiun Umbul Square, salah satu taman wisata di Madiun, terpaksa berpanas-panas menjual tiket di sejumlah pusat keramaian demi memberi pakan satwa koleksinya.

Para karyawan itu menjual tiket masuk Umbul Square dengan separuh harga alias diskon 50 persen. Tiket bisa dipakai hingga 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini, taman wisata di Madiun itu memang masih tutup. Namun, Madiun Umbul Square berencana kembali buka pada Minggu besok (14/3/2021)  seiring adanya pelonggaran aturan.

Baca juga: Gila! Gaji Profesor Kalah Sama Pelaku Bisnis Tanaman Hias

"Ya bisa dikatakan kita ngamen untuk menjual tiket. Setiap hari Minggu pagi, kita ngamen di tempat-tempat keramaian itu. Alhamdulillah ada 1.000 tiket yang terjual. Tiket masuk itu bisa digunakan hingga akhir 2022," kata Direktur Madiun Umbul Square, Afri Handoko, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (12/3/2021).

Pandemi Covid-19 memang membuat sejumlah taman wisata di Madiun terpaksa tutup. Seiring keluarnya Surat Edaran tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Madiun yang lebih longgar, objek wisata bisa kembali buka.

Termasuk objek wisata Madiun Umbul Square yang merupakan tempat wisata yang juga menjadi lembaga konservasi satwa.

Baca juga: Tokopedia Tak Gentar Hadapi Social Commerce

Tiket Jadi Sumber Penghasilan

Selama taman wisata ini tidak beroperasi, otomatis penghasilan pun tidak ada. Selama ini sumber penghasilan utama Madiun Umbul Square dari tiket pengunjung.

Lantaran tak ada penghasilan, selama sebulan terakhir para karyawan taman wisata di Madiun itu melakukan kegiatan Umbul on the Road.

Karyawan Umbul menjual tiket di tempat-tempat keramaian seperti di Lapangan Gulung Kota Madiun, Taman Lalu Lintas Bantaran Kota Madiun, lapangan Jiwan, hingga ke Ponorogo.

Baca juga: Tegas! Pakar Sebut Semua Jenis Vaksin Covid-19 Efektif

Karyawan Umbul berada di tempat-tempat keramaian itu dengan membawa satwa koleksi untuk menarik pengunjung. Tiket dijual dengan potongan 50 persen, dari Rp10.000 menjadi Rp5.000. Tiket masuk Umbul Square bisa digunakan hingga akhir 2022.

Afri menyebut hasil penjualan tiket akan digunakan untuk kebutuhan pangan satwa di Umbul Square. "Ini merupakan salah satu upaya kita supaya kebutuhan para satwa bisa terpenuhi," jelasnya.

Baca juga: Anjlok Lagi Lur! Ini Daftar Harga Emas di Pegadaian Sabtu (13/5/2021)

Pengelola taman wisata di Madiun ini juga banyak menerima bantuan berupa pakan bagi satwa dari masyarakat. Ada yang mengirim pakan berupa ayam, buah, sayur, bekatul, dan lainnya.

"Ada yang langsung ngirim ke Umbul, tetapi ada juga yang menelepon, kemudian petugas kami mengambilnya. Saya ucapkan terima kasih atas antusias masyarakat yang ingin berdonasi pakan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya