SOLOPOS.COM - Rumah salah satu warga di Kecamatan Matesih terdampak bencana alam hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis (18/3/2021). (Istimewa/Dokumentasi Camat Matesih)

Solopos.com, KARANGANYAR – Sebanyak 117 keluarga di Karanganyar menerima dana bantuan sosial kebencanaan dari Pemkab setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Nilai bantuan yang diterima berbeda-beda sesuai dengan tingkat kerusakan bangunan. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jumat (24/12/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karanganyar, Bagoes Darmadi mengatakan para penerima bantuan ini berasal di 50 desa/kelurahan pada 17 kecamatan yang ada di Karanganyar. Mereka adalan warga yang terdampak bencana alam, baik tanah longsor, angin ribut, maupun kebakaran rumah.

Baca Juga: Longsor di Ngargoyoso Bikin BPBD Karanganyar Ubah Lokasi Pemasangan EWS

Ia menjelaskan nilai bantuan Rp5 juta diberikan kepada warga yang tempat tinggalnya terdampak kategori berat (38 KK), Rp3 juta untuk kategori sedang (43 KK), dan Rp1,5 juta untuk kategori ringan (36 KK).

“Bantuan ini diberikan kepada warga terdampak baik bencana alam atau kebakaran di Karanganyar. Kategori ringan dibagikan kepada 36 KK sebesar 1,5 juta rupiah, rusak sedang sebesar 3 juta rupiah dibagikan pada 43 KK dan kategori rusak berat sebanyak 38 KK sebesar 5 juta rupiah.

Bupati Karanganyar Juliyatmono pada kesempatan itu meminta dana bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik. “Ini bentuk perhatian pemerintah kepada warga yang terdampak bencana dan kebakaran. Semoga sedikit membantu dan digunakan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, BPBD Karanganyar Siapkan Sukarelawan Tanggap Bencana

Bupati juga berpesan supaya masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena curah masih cukup tinggi akhir-akhir ini. Dia mengingatkan bencana tanah longsor dan angin kencang atau ribut masih mengancam. “Tingkatkan kewaspdaan dan jaga selalu kesehatan,”pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya