SOLOPOS.COM - Desain bagian ibu kota baru negara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Pasar drone atau pesawat nirawak di dunia diprediksi meningkat 13% hingga 15% sepanjang lima tahun ke depan. Perkembangan teknologi drone meningkat pesat setiap tahun. Kebutuhan berkembang serta potensi pemanfaatannya juga terus dikembangkan oleh pribadi maupun perusahaan.

Asia menjadi wilayah yang segera mengalami peningkatan pasar drone secara cukup signifikan. Pasar drone di wilayah Asia antara lain Jepang, China, India, dan kawasan Asia Tenggara. Perusahaan peneliti pasar drone, Droneii, memprediksi pendapatan industri drone akan mencapai $15 miliar pada 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal tersebut datang dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan penggunaan jasa drone. Pasar penggunaan jasa drone masih luas karena banyak perusahaan yang masih menganggap teknologi drone sebagai hal yang baru.

Mereka berpandangan daripada mengambil risiko yang tinggi saat mengoperasikan drone karena kurangnya pengetahuan, lebih baik  perusahaan menggunakan pihak ketiga jasa layanan penggunaan drone. Data selengkapnya bisa dibaca di Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat.

Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) disahkan tanpa hambatan. Pembahasan RUU dalam waktu sangat singkat. Pemerintah memutuskan penggunaan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) dalam pembangunan IKN.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hanya membutuhkan 42 hari untuk mengesahkan RUU IKN. Itu terhitung sejak dibentuknya panitia khusus (pansus) RUU IKN pada 7 Desember 2021 lalu. Kurang dari dua bulan berselang, tepatnya Selasa (18/1/2022), rapat paripurna DPR mengesahkan RUU itu menjadi undang-undang.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai begitu cepatnya pembahasan RUU IKN secara maraton sejak Desember 2021 mirip pola pembahasan RUU Cipta Kerja pada 2020 lalu. RUU Cipta Kerja minim konsultasi publik hingga belakangan dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Kisah selengkapnya bisa dibaca di Mengukur Urgensi Dana APBN untuk Proyek IKN dan di Terburu-Buru Menuju Bonus Sambal Terong.

Konsep pembangunan Kota Solo yang berkelanjutan atau sustainable mengemuka dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, di Hotel Paragon, Kota Solo, Selasa (18/1/2022).

Dalam diskusi kelompok terbatas tersebut akademisi lingkungan dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Widhi Himawan, mengatakan penting merancang pembangunan kota yang berkelanjutan.  Tujuannya menciptakan kota yang inklusif.

Pembangunan kota tak boleh hanya menguntungkan satu sektor. Pembangunan kota harus merangkul semua elemen masyarakat kota tersebut. Pembangunan jalan dengan konstruksi paving harus diupayakan memperhatikan ruang resapan air demi mencegah banjir. Silakan menelaah secara lengkap di Kota Solo Menuju Kota Berkelanjutan yang Benar-Benar Inklusif.

Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong peningkatan produktivitas porang untuk menopang ketahanan pangan nasional. Kementan membutuhkan lebih banyak benih porang untuk menambah jumlah produksi.

Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mendapat tantangan dari Kementan untuk menyediakan benih porang hingga 100.000 ton. Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan peta kebutuhan benih porang se-Indonesia menurut Kementan mencapai 100.000 ton.

Pemerintah Kabupaten Madiun ditantang menyediakan benih porang varietas Madiun-1 untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ketersediaan benih ini sangat penting karena Kementan mengarahkan porang  menjadi bagian ketahanan pangan nasional. Data lengkap bisa dibaca di Mendorong Porang untuk Menopang Ketahanan Pangan.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya