SOLOPOS.COM - Suporter Bali United mendukung tim kebanggaan mereka melawan Persis Solo pada laga Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (15/9/2022). Ke depan, perwakilan suporter tim tamu yang datang ke Solo wajib ikut dalam rapat koordinasi dengan Panpel Persis Solo dan aparat keamanan sebelum pertandingan. (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Suporter tamu yang bertandang ke Solo wajib mengikuti rapat koordinasi menjelang pertandingan dengan Persis Solo. Hal itu agar pertandingan yang digelar di Stadion Manahan dapat berjalan dengan baik.

Manajer Persis Solo, Erwin Widianto, mengatakan keputusan itu akan diterapkan apabila nanti Liga 1 kembali bergulir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selama ini tuan rumah selalu mengadakan rapat koordinasi dengan aparat kemananan (polisi) sedangkan suporter tim tamu belum dilibatkan. Sejauh ini tercatat hanya suporter Madura United yang telah mengikuti rapat koordinasi bersama panpel pertandingan Persis Solo dengan pihak keamanan.

Suporter tim tamu hanya berkoordinasi sendiri ke aparat kepolisian setempat.

“Ke depan jika ada suporter tandang harus mengikuti rakor, kedua belah suporter. Ini untuk nota kesepakatan menjaga kamtibmas agar sama-sama paham,” kata dia.

Baca Juga:  Persis Solo Bidik Tiga Pemain Liga 1 di Bursa Transfer

Erwin menyatakan upaya ini untuk mencegah kejadian Kanjuruhan terulang. Apalagi, ada pertandingan dengan atmosfer panas.

Dengan kehadiran suporter tim tamu dalam rapat koordinasi, pihak kepolisian pun bisa mengedukasi kedua belah pihak. Dengan rakor ini, diharapkan komunikasi dapat berjalan baik dengan pemahaman semua pihak.

Baca Juga: HUT Persis Solo: Ribuan Suporter Penuhi Mangkunegaran, Berselawat

“Pasti koordinasi dengan polres, penerapan keamanan dengan kepolisian seperti apa dan teman-teman bisa teredukasi. Terakhir dari Madura United ikut rakor, wajib menerapkan agar pertandingan berlangsung aman dan lancar. Kami harus terapkan seperti itu agar meminimalisi gesekan antara suporter tamu dan tim tuan rumah,” kata dia.

Ketua Panpel Stadion Manahan Solo, Ginda Ferachtriawan, mengapresiasi penerapan langkah-langkah antisipasai tersebut. Dia mendorong klub masing-masing kontestan juga aktif dalam mendata suporter mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya