SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol. (Istimewa)

Solopos.com, BANTUL — Dua desa di Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, bakal terkena dampak Jalan Tol Jogja-Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Dua desa tersebut adalah Argomulyo dan Argosari.

Camat Sedayu, Anton Yulianto, mengatakan konsorsium pengembangan Jalan Tol Jogja-YIA dalam sosialisasinya menyebut jalan tol tersebut akan melintasi dua kalurahan atau desa di Kapanewon Sedayu.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Namun, sosialisasi tersebut sejauh ini memang baru sebatas melibatkan perangkat kecamatan dan perangkat desa. Sedangkan sosialisasi kepada warga belum dilakukan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tim teknis konsorsium sudah melakukan sosialisasi di Kalurahan Argomulyo dan Argosari karena dua kalurahan tersebut dilintasi jalur tol,” kata dia, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Keraton Jogja Gelar Tradisi Sekaten 2022, Berikut Ini Rangkaian Acaranya

Anton menyebut sosialisasi tersebut juga masih sebatas teknis dan rencana bangunan jalan, belum sampai pada pembahasan ganti rugi. Hal ini karena pihak pengembang masih menunggu dokumen Izin Penetapan Lokasi (IPL) dari Gubernur DIY.

Sejauh ini dari hasil sosialisasi, Tol Jogja-YIA yang berdampak di dua kalurahan tersebut akan melintasi perkampungan, persawahan, saluran irigasi, jalan kampung, jalan kampung, maupun jalan provinsi. Jalan yang dilewati tol bakal dibangun underpass.

Sedangkan untuk saluran irigasi, drainase, dan jalan kampung yang terkenal proyek tol tidak berubah fungsinya.

Baca Juga: Holywings Jogja Buka dengan Nama Gold Dargon, Satpol PP: Itu Bukan Holywings

Perangkat desa juga sudah meminta pengembang supaya tidak mengganggu pertanian maupun jalan lalu lintas warga. Warga juga meminta agar ganti rugi diberikan secara penuh, tidak setengah-setengah.

“Misalnya ada rumah kepotong separo, kami harap semuanya diganti. Tidak ada sisa lahan yang menyebabkan tidak ada nilai ekonomis dan enggak dipakai,” jelas Anton.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tol Jogja YIA Lewati Dua Desa di Bantul, Akan Melintasi Perkampungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya