SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video penganugerahan penghargaan terbaik kedua nasional untuk pengelolaan kantin SD Muhammadiyah 1 Solo, (Rabu (17/11/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kantin SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo, mendapatkan penghargaan terbaik kedua nasional untuk kategori sentra pangan jajanan, khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan atau prokes dan pengendalian Covid-19 serta inovasi pada Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun 2021, Rabu (17/11/2021).

Pemberian penghargaan dari Kementerian Kesehatan itu dilaksanakan secara virtual. Penyerahan penghargaan tersebut dihadiri Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Kemudian Plt Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kartini Rustandi dan Plt Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Sugeng Hariyono.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Keberhasilan dan penghargaan ini untuk semua warga sekolah mulai dari siswa, guru karyawan, orang tua, komite sekolah. Terima kasih atas bimbingan dari Ketua Dikdasmen, Tridjono dan Pengawas, Tri Winarni,” kata Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Sri Sayekti, dalam keterangannya seusai pemberian penghargaan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Kisah Emak-Emak Penyelamat Kucing Jalanan di Kota Solo

Selain itu, Sri Sayekti juga mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Stabelan, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas pembinaannya. Sehingga SD Muhammadyah 1 Ketelan, Solo, meraih penghargaan untuk pengelolaan kantin yang sehat.

Komitmen Aplikasikan 5M

Sayekti mengatakan untuk terciptanya generasi bangsa yang sehat, di sekolah perlu dilakukan usaha sekolah sehat yang menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Bermuara kepada para siswa, guru dan karyawan bisa meningkat dan terjaga derajat kesehatannya,” katanya.

Salah satu faktor yang dijadikan indikator bahwa sekolah telah mencapai derajat sehat dapat dilihat dari kualitas kantin atau warung sekolahnya. Sebab dari fasilitas itu, warga sekolah mengonsumsi makanannya.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Solo Dibantu 50 HEPA Filter dari China, Apa Fungsinya?

Mulai dari jajanan untuk siswa sampai pada makan besar untuk guru dan karyawan. “Kualitas makanan maupun jajanan yang ada di kantin harus lah dikelola dan dimonitor terus menerus,” jelas Sayekti.

Penganugerahan penghargaan untuk Kantin Sehat Ramah Anak SD Muhammadiyah 1 Solo, lanjut Sayekti, juga tidak lepas dari komitmen sekolah dalam mengaplikasikan 5M (memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, dan mengurabgi mobilitas). Juga m1smart card inovasi e-money, terintegrasi kartu kunjungan perpustakaan, UKS, e-infaq, BUM’s, dan kartu absensi serta link pemesanan https://bit.ly/PESAN-KANTIN.

Menurut Sayekti, 5M merupakan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “SD Muhammadiyah 1 Ketelan selalu berkampanye untuk gerakan 5M itu. Ini kami lakukan sepanjang waktu melalui radio streaming Radio Solo Belajar dan media sosial,” tutur Sayekti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya