SOLOPOS.COM - Sejumlah dekorasi pesta pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono telah dipasang di Loji Gandrung, Solo, Sabtu (10/12/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Area yang digunakan untuk dekorasi pesta pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022) hanya bagian teras/serambi serta halaman. Acara pernikahan di Loji Gandrung baru kali pertama.

Pantauan Solopos.com, Sabtu (10/12/2022) pagi, dekorasi sudah terpasang di bagian emper Loji Gandrung, Solo meskipun belum semua terpasang. Ada beberapa dekorasi dengan meterial daun jati dan kelapa muda di halaman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Rumah Tangga Loji Gandrung, Santa Maria, menjelaskan Loji Gandrung merupakan lokasi transit untuk pesta pernikahan Kaesang dengan Erina sebelum melakukan kirab dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran.

“Sementara ini kemungkinan untuk transit di Loji hanya sebentar.  Susunan acara keluarga sebentar lalu untuk kirab ke Mangkunegaran. Cuma halaman di depan saja sebentar lalu kirab,” kata dia.

Baca Juga: Persiapan Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang, Dekorasi Loji Gandrung Dikebut Sabtu

Dia mengatakan acara di Loji Gandrung merupakan acara seremoni keluarga sebelum kirab. Tidak ada perubahan atau penyesuaian barang atau ruangan di bagian dalam Loji Gandrung.

Menurut Maria, rumah dinas Wali Kota Solo yang menjadi bangunan cagar budaya merupakan bangunan utama. Bangunan itu terdiri atas kamar yang pernah digunakan Bung Karno untuk singgah.

Kamar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Namun, Gibran tidak tidur di Loji Gandrung, hanya Presiden Jokowi ketika menjabat sebagai Wali Kota Solo menempati Loji Gandrung dan tidur di ruangan tersebut.

Selanjutnya ada ruang makan dan ruang rapat. Para tamu Wali Kota Solo biasanya melihat-lihat sejumlah ruangan. Ruangan yang pernah digunakan Bung Karno menjadi daya tarik para tamu.

Baca Juga: Ada Pernikahan Kaesang-Erina, Ratusan PKL CFD Solo Pilih Meliburkan Diri

“Mungkin dari cerita mulut ke mulut Loji Gandrung ada eks kamarnya Bung Karno menjadi daya tarik. Masyarakat jadi pengen ke sini,” papar dia.

Ditanya apakah ada kalangan pejabat atau warga yang mengadakan pesta pernikahan di Loji Gandrung, Maria mengatakan tidak ada sejauh ini. Loji Gandrung terbuka bagi semua orang.

“Enggak ada, kalau sekadar prewedding Loji terbuka. Mangga silakan mau prewedding bisa diizinkan di Loji Gandrung,” ungkap dia.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, rencana acara tradisi sebelum kirab di Loji Gandrung mulai pukul 07.15 WIB. Kirab mulai pukul 08.15 WIB dan peserta kirab masuk Pura Mangkunegaran pukul 09.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya