SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bandara Internasional Ahmad Yani baru di Semarang (Twitter/@SRG_airport)

Bandara Ahmad Yani baru di Semarang diklaim akan menjadi bandara terindah dengan konsep bandara aquatik, terapung di laut.

Solopos.com, SEMARANG — PT Angkasa Pura I optimistis terminal baru pada Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang bakal beroperasi paling lambat Maret 2018 mendatang. Direktur Utama Angkasa Pura I, Danang S Baskoro, mengatakan tahap pembangunan terminal baru di Bandara Ahmad Yani saat ini hampir tuntas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jika sesuai progres, kami kira Maret sudah bisa beroperasi, termasuk operasional terminal penumpang bisa dipindahkan bertahap ke lokasi yang baru,” ungkapnya Jumat (3/11/2017).

Ia menyebut total investasi untuk proyek bandara baru di Ahmad Yani mencapai kisaran Rp2 triliun hingga Rp3 triliun. Terminal penumpang yang baru memiliki luasan lima kali lebih besar ketimbang bangunan yang lama. Kendati demikian, menurutnya bangunan terminal penumpang yang baru nantinya menjadi paling indah dibanding proyek lainnya di Indonesia.

“Bandara Ahmad Yani nanti berdiri mengapung di atas laut. Konsepnya jadi bandara aquatik, akan jadi paling indah daripada sekarang yang terjelek di Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, landasan pacu (runway) Bandara Ahmad Yani juga bertambah panjang sampai 2.750 meter dari semula hanya 2.560 meter. Dengan kondisi tersebut, daya tampung Bandara Ahmad Yani yang baru akan mencapai 8 juta jiwa.

Progres pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

“Karenanya kami sangat bangga dengan proyek prestisius yang sedang dikerjakan di Semarang. Kapasitas bandaranya saja nanti jadi 8 juta orang. Selain itu, akses masuk bandara juga terhubung dengan jalur kereta api dari Yogyakarta, Solo kemudian Semarang. Bisa juga dibangun stasiun dekat bandara,” ungkapnya.

Ia mengatakan layanan intermoda bisa menunjang laju pariwisata di seluruh Jawa Tengah. Selain Semarang, Angkasa Pura I juga tengah mengebut pembangunan bandara baru di delapan kota lainnya. Total nilai investasinya mencapai Rp54 triliun.

“Pembangunan dikerjakan menyeluruh mulau terminal penumpang, kargo, memperbanyak appron sampai runway,”ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya