Terapkan Prokes Ketat, Pasar Burung dan Ikan Depok Solo Kembali Dibuka Lur!

Pasar Burung dan Pasar Ikan Hias Depok, Banjarsari, Solo, mulai kembali dibuka dengan pembatasan ketat pada Selasa (27/7/2021). Pengunjung pasar wajib memakai masker.
Terapkan Prokes Ketat, Pasar Burung dan Ikan Depok Solo Kembali Dibuka Lur!

Solopos.com, SOLO — Pasar Burung dan Pasar Ikan Hias Depok, Banjarsari, Solo, mulai kembali dibuka dengan pembatasan ketat pada Selasa (27/7/2021). Pengunjung pasar yang tidak memakai masker, tidak diperbolehkan masuk ke kawasan pasar demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Burung dan Ikan Depok, Suwarjo, kepada Solopos.com, Selasa (27/7/2021) siang. Menurutnya, para pedagang antusias dan sangat senang para pedagang kembali diperbolehkan buka setelah sejak awal bulan ini tutup dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Meskipun ada pembatasan, pukul 15.00 WIB pasar harus tutup, dibukanya kembali pasar membawa semangat baru para pedagang.

“Para pedagang burung dan ikan sudah kembali buka. Pasar-pasar lain juga sudah mulai buka meskipun pasar non esensial dengan batasan waktu pukul 15.00 WIB dan protokol kesehatan ketat,” papar Ketua Bolo Pasar itu.

Baca Juga: Wow! Bocah 13 Tahun Ini Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Ia menyebut dengan pembatasan atau tidak, kondisi pasar saat ini cenderung sepi. Namun, para pedagang seluruhnya mengikuti aturan pemerintah kota (pemkot). Pembatasan itu membuat para pedagang harus memanfaatkan waktu dengan baik saat berjualan.

“Saya sudah koordinasi dengan tim keamana dan para pedagang untuk selalu mengutamam protokol kesehatan. Tanpa masker tidak boleh masuk,” papar dia.

Menurut Suwarjo, saat penutupan awal secara mendadak, beberapa burung, unggas, dan ikan milik pedagang banyak yang mati. Burung yang mati mayoritas burung grosiran. Namun, setelah ada kelonggaran tingkat kematian burung dan ikan bisa ditekan.

“Kemarin diberi waktu untuk merawat hingga pukul 15.00 WIB. Kami hanya merawat dagangan dan tidak ada aktivitas jual beli. Petugas pengamanan juga berjaga di depan pasar,” imbuh dia.

Saat ini seluruh pedagang sudah kembali, akses masuk Pasar Burung Depok Solo juga sudah dibuka. Namun, pengunjung belum banyak yang ke pasar. Ia menduga belum banyak warga yang tahu pasar sudah kembali buka.

Baca Juga: Kisah Pilu Pria Mojokerto, Akhirnya Meninggal Dunia Setelah Ditolak 9 RS

Sementara itu, pedagang ikan hias, Defia Javalia, mengatakan ia sudah mulai berjualan bersama para pedagang ikan lain dengan pembatasan seperti batasan waktu dan penerapan protokol kesehatan ketat. Para pedagang juga telah menata dagangan agar lebih rapi.

“Alhamdulillah ikan terawat, kemarin diberi toleransi kasih pakan dan perawatan. Tapi beberapa pedagang ikannya juga mati, itu jenis ikan yang perlu perawatan ekstra tiap hari,” papar Defia. Ia menyebut meskipun ada pembatasan waktu, para pedagang sangat menerima dibandingkan harus tutup sama sekali.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago