Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Tentang Logo dan Maskot ASEAN Para Games 2022, Gibran: Solo Banget

Maskot ASEAN Para Games 2022 adalah Rajamala yang telah diperkenalkan kepada masyarakat Solo dan sekitarnya.
SHARE
Tentang Logo dan Maskot ASEAN Para Games 2022, Gibran: Solo Banget
SOLOPOS.COM - Maskot ASEAN Para Games (APG) XI 2022 menyapa warga di area Solo Car Free Day (CFD), Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (3/7/2022). (Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – ASEAN Para Games 2022 (APG) resmi memiliki logo dan maskot menjelang pelaksanaan APG pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022 mendatang. APG menggunakan maskot keris dan maskot Rajamala sebagai identitas Kota Solo.

ASEAN Para Games 2022 bakal diikuti 2.309 peserta  terdiri atas 1.648 atlet dan 661 ofisial dari 11 negara di Asia Tenggara yakni Brunei,  Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. ASEAN Para Games 2022 akan mempertandingkan empat belas cabang olahraga yaitu blind judo, para badminton, para table tennis, para chess, para archery, para atletik, boccia, para powerlifting, para swimming, wheelchair tennis, wheelchair basketball, goalball, CP football, dan sitting volleyball. Sebanyak  14 cabang olahraga ini akan digelar di empat belas venue di Solo, Karanganyar, Sukoharjo, dan Semarang.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Kami pilih logo dan maskot yang merepresentasikan budaya Kota Solo. Kami ingin menampilkan sesuatu yang khas Solo banget,” kata Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka, saat dijumpai awak media, Minggu (3/7/2022).

INASPOC turut memperkenalkan logo, maskot, dan melakukan penghitungan mundur menuju APG 2022 dilengkapi dengan pertunjukan Reog Ponorogo.

Gibran menyebut hal itu sebagai cara promosi menjelang APG. Dia juga memastikan promosi bakal digencarkan secara online dan secara offline. Rencananya pada 30 Juli 2022 digelar opening ceremony.  Gibran mengatakan masyarakat dapat menonton langsung acara pembukaan, pertandingan dan penutupan itu.

Baca Juga: Mantap, 17 Hotel di Soloraya Disiapkan untuk ASEAN Para Games 2022

Dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Jumat (10/6/2022), disebutkan bahwa logo ASEAN Para Games 2022 menggambarkan peranan aktif, pengharapan, dan keseimbangan serta tekad bulat untuk tumbuh dan selalu lebih baik di setiap babaknya.

Sama seperti pohon yang terus tumbuh dan berguna menjadi harapan yang akan membawa dampak positif bagi kehidupan bahkan setelah dunia harus menghadapi pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Anak bangsa yang berkarya di bidang seni dan kreatif secara khusus merinci kandungan bentuk-bentuk artistik bermakna dalam logo itu. Nuansa Indonesia diwakili dalam tiga bentuk khas yaitu keris, wayang gunungan, dan aksara Jawa Hanacaraka.

Baca Juga: Mantap, Peringkat Dunia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Meroket 54 Tingkat

Selain logo yang mengusung makna Indonesia, tim kreatif 11th ASEAN Para Games 2022 juga sudah melahirkan Maskot Rajamala.

Gibran menyebut logo ASEAN Para Games 2022 mampu menggambarkan kombinasi atas segala aspek yang mewakili semangat perjuangan serta kekuatan dalam mewujudkan terselenggaranya pesta olah raga Asia Tenggara untuk atlet-atlet penyandang disabilitas di tahun 2022 ini. Keris sebagai penanda kewibawaan yang harus dihormati menjadi lambang yang tepat bagi kewibawaan para atlet peserta para games di dunia secara umum dan ASEAN Para Games 2022secara khusus.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode