SOLOPOS.COM - Egy Maulana Vikri (Twitter/@LechiaGdanskSA)

Egy Maulana Vikri bakal merumput di Eropa.

Solopos.com, SOLO – Klub Polandia, Lechia Gdansk, menjadi pelabuhan bintang muda Indonesia, Egy Maualan Vikri. Pemain Timnas Indonesia U-19 itu sudah diperkenalkan Lechia sebagai pemain mereka pada Minggu (12/3/2018). Namun, Egy baru akan membela Lechia pada musim depan saat usianya genap 18 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabarnya, Egy di kontrak selama tiga tahun. Dia akan mengenakan nomor punggung 10. Lechia sendiri merupakan klub profesional pertama Egy. Sebelum ini, Egy menempuh pendidikan di Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) ragunan. Sembari menunggu musim depan, Egy pun akan kembali melanjutkan pendidikannya di SKO Ragunan.

Lechia sendiri merupakan klub yang tampil di kompetisi teratas Liga Polandia, Ekstraklasa. Dikutip dari Liputan6.com, Senin (12/3/2018), Lechia berdiri pada 1945 silam. Kesebelasan ini pernah berganti nama 10 kali sebelum identitas klub menjadi tetap pada 2009 lalu.

Lechia Gdansk didirikan oleh pendukung tim tertua di Polandia, Lechia Lwow yang terbentuk pada 1903 lampau. Pada masa 1950-an, Lechia Gdansk menjadi raksasa di Liga Polandia. Pada 1948, Lechia Gdansk promosi ke kasta teratas Liga Polandia. Hanya semusim, mereka degradasi ke divisi dua.

Tujuh tahun kemudian, Lechia Gdansk mengakhiri musim di peringkat ketiga. Ini merupakan pencapaian terbaik sepanjang sejarah The Stripes di Liga Polandia. Lechia kemudian jeblok, sebelum bangkit kembali pada medio 1980-an. Mereka kemudian memenangi Piala Polandia pada 1983. Di tahun yang sama, Lechia Gdansk juga keluar sebagai juara Polandia Super Cup.

Keberhasilan ini membuat Lechia Gdansk berpartisipasi di Piala Winners musim 1983/1984. Sebagai pemenang Piala Polandia, Lechia berhak menantang kampiun Coppa Italia 1983, Juventus, di babak pertama. Di kesempatan pertamanya berkompetisi di Eropa, Lechia Gdansk babak belur. Mereka kalah 2-3 di kandang, dan dibabat habis 0-7 oleh Juventus di markasnya.

Melawan Juventus merupakan laga satu-satunya Lechia Gdansk di kompetisi Eropa. Setelah itu, prestasi mereka naik turun. Lechia Gdansk memiliki stadion yang bernama Energa Gdansk yang berkapasitas 43.615 penonton. Energa Gdansk menjadi satu dari empat stadion yang menyelenggarakan Euro 2012 Polandia-Ukraina.

Saat ini, Lechia Gdansk menduduki peringkat ke-12 Liga Polandia dengan 27 poin dari 28 pertandingan. The Stripes terancam degradasi pada musim depan lantaran tim peringkat 9-16 akan mengikuti babak kualifikasi dengan tim kasta di bawahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya