SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Tentang Islam diasuh oleh H. Muhammad Amir, S.H., C.N., Ketua Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Tentang Islam juga dimuat di subrubrik Ustaz Menjawab Khazanah Keluarga Harian Umum Solopos, setiap Jumat.

Solopos.com, SOLO — Bolehkan uang zakat dialokasikan untuk pembanhunan masjid? Simak pembahasan tersebut dalam Tentang Islam kali ini, Jumat (28/8/2015), yang pernah dimuat sebelumnya di Harian Umum Solopos, edisi Jumat (18/7/2014) lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pertanyaan

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Pak Ustaz, saya orang Islam yang masih sangat awam tentang hukum Islam. Berhubung sebentar lagi akan datang Hari Raya Idulfitri dan saya harus membayar zakat fitrah, dan di kampung sedang dilaksanakan pembangunan masjid, bolehkah uang zakat saya untuk pembangunan masjid? Mohon jawaban Pak Ustaz dengan segera. Terima kasih atas jawabannya.
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. [Marzuki, Sondakan, Solo]

Ustaz Menjawab

Wa’alaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bapak Marzuki yang dirahmati Allah, berdasarkan sabda Rasulullah SAW, zakat fitrah setelah Ramadan sebanyak satu sha’ kurma atau gandum, di Indonesia berupa beras per jiwa 2,5 kg, untuk dibagikan kepada kaum fakir miskin dan dibagikan sebelum dilaksanakan salat Idul Fitri.

Kalau Bapak Marzuki membagikan beras fitrah setelah salat Idul Fitri hal itu hukumnya menjadi sedekah. Jadi fungsi zakat fitrah adalah untuk menyucikan diri bagi orang Islam yang berpuasa di bulan Ramadan.

Fungsi yang lain adalah untuk memberi makan kaum fakir miskin agar pada hari raya Idul Fitri dapat ikut senang, dapat memasak. Itu fungsi yang harus dipenuhi.

Sedangkan kalau zakat fitrah untuk pembangunan masjid, sebenarnya kurang pas, namun tidak ada larangannya, bila hak atau milik kaum fakir miskin telah dipenuhi dan atas kerelaan kaum miskin sendiri zakatnya diberikan untuk pembangunan masjid berhubung sangat memerlukannya.

Jadi kesimpulannya, sebagian zakat fitrah dapat diperbantukan untuk pembangunan masjid asal ada izin dan kerelaan pihak orang yang punya hak. Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya