SOLOPOS.COM - Ilustrasi (telegraph.co.uk)

Tentang Islam diasuh oleh H. Muhammad Amir, S.H., C.N., Ketua Majelis Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo. Tentang Islam juga dimuat di subrubrik Ustaz Menjawab Khazanah Keluarga Harian Umum Solopos, setiap Jumat.

Solopos.com, SOLO — Bersuami seorang artis ternyata membuat seorang wanita yang tak menyebutkan identitasnya berikut ini merasakan sakitnya dikhianati, lantaran sang suami berselingkuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wanita tersebut bimbang soal bagaimana sebaiknya ia menjalani biduk rumah tangganya bersama suami yang telah terjalin selama empat tahun. Simak bagaimana solusi atas masalah wanita tersebut dalam Tentang Islam kali ini, yang pernah dimuat di Harian Umum Solopos, Jumat (21/2/2014).

Pertanyaan

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabaraakatuh.
Suami saya seorang pemain sinetron alias artis. Sudah empat tahun menikah dengan saya dan sudah dikaruniai seorang anak laki-laki. Dalam salah satu majalah ada berita suami saya telah melakukan perselingkuhan dengan teman kerjanya (di Tretes, Malang)

Terus terang hati saya sebagai istri sangat sakit dan suami saya telah mengakui perbuatannya. Di hadapan saya dia berlutut dan minta maaf serta menyatakan akan bertobat.

Pertanyaan saya, apakah suami saya harus dirajam sampai mati? Dia telah mengaku perbuatannya dan telah minta maaf kepada saya dan menyatakan secara tertulis akan bertobat.

Apakah Allah masih mau menerima tobat suami yang berzina? Tolong bagaimana solusi terbaik bagi rumah tangga saya? Nama saya dan suami sengaja saya rahasiakan.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. [Dari hamba Allah yang dikhianati]

Ustaz Menjawab

Wa’alaikumsalam warahmatullaahi wabarakaatuh.
Sebenarnya kasus yang dialami Ibu sudah banyak terjadi di dalam masyarakat Indonesia. Harus disadari bahwa punya suami ganteng, cakep, pemain sinetron alias artis memang banyak godaannya.

Seorang muslim masih mau berbuat zina alias berselingkuh menunjukan lemah akidahnya. Salatnya belum berfungsi sebagaimana mestinya. Nabi Muhammad SAW bersabda salat yang dikerjakan secara benar dan khusyuk akan mampu dan dapat mencegah perbuatan yang keji dan mungkar.

Salat adalah kunci surga, salat adalah tiang agama Islam. Salat adalah ibadah mahdhoh (wajib). Salat diwajibkan Allah kepada umat manusia (Alquran Surat Adzariyat: 56).

Seorang muslim yang sudah punya istri masih tetapi mau berbuat zina memang hukumannya harus menjalani hukum rajam. Akan tetapi, hukum rajam tidak berlaku di Indonesia.

Hal itu berlaku bagi negara yang telah menjalankan syariat Islam 100%, misalnya Saudi Arabia, Pakistan, dan negara Islam lainnya. Suami telah minta maaf di hadapan Ibu dan secara tertulis menyatakan bertobat.

Saya sarankan perlu dimaafkan karena suami telah menyatakan akan bertobat, insya Allah tobatnya akan diterima Allah SWT. Allah telah berfirman yang maknanya Allah akan mengampuni semua dosa, kecuali dosa syirik. Dengan catatan tobatnya dengan sungguh-sungguh atau tobat nasuha.

Saran saya dan solusi menurut saya, karena suami masih lemah dalam bidang hukum Islam, istri lebih baik memberi maaf kepada sang suami. Semua orang punya dosa, kecuali Rasulullah SAW yang diberi sifat maksum.

Selama manusia tidak melakukan perbuatan syirik, Allah akan mengampuni semua dosa-dosanya. Jangan putus asa untuk mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah.

Jagalah salat lima waktu, banyak belajar agama, banyak istighfar, minta nasihat kepada ulama/kiai/ustaz. Bila perlu pindah profesi, tinggalkan main sinetron atau jadi artis. Insya Allah akan lebih baik dan terjaga dari godaan setan. Mudah-mudahan semua sadar. Amin ya robbal’alamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya