SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengawali pemberian vaksin untuk lansia di RSUD Bung Karno, Kamis (11/2/2021) siang. (Solopos/Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, akhirnya mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 Sinovac. Pemberian vaksin untuk sang wali kota dilakukan di RSUD Bung Karno, Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/2/2021) siang.

Wali kota yang akrab disapa Rudy itu sempat mengalami tekanan darah tinggi saat skrining awal pemberian vaksin lantaran menggunakan alat ukur otomatis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baru ketika diuji menggunakan tensi darah manual, tekanan darahnya normal sehingga layak untuk divaksin.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Sadis, Perempuan asal Subang Dibunuh, Mayatnya Simpan di Lemari Hotel Semarang

Rudy mengaku pemberian vaksin tersebut merupakan penutupan yang indah sepanjang karirnya menjadi kepala daerah di Solo. Pada 16 Februari mendatang, ia dan pasangannya Achmad Purnomo bakal purna tugas.

"Saya diberi tahu kalau sudah boleh divaksin, kemudian saya minta dibarengkan dengan dokter-dokter senior," ucapnya.

Sang wali kota Solo menegaskan vaksin Sinovac merupakan salah satu upaya berperang melawan Covid-19. Ia berharap para lansia segera mengikuti vaksinasi ketika ada kesempatan.

"Ini merupakan pencegahan, selain tetap menjaga protokol kesehatan. Saya, yang ternyata masuk kategori lansia, sudah mengawali [divaksin]. Mudah-mudahan Pandemi Covid-19 segera berakhir," kata Rudy.

Baca Juga: Komplotan Pencuri Spesialis Mitsubishi L300 Lintas Provinsi Ditangkap Polres Klaten, Satu Ditembak

Pada vaksinasi di RSUD Bung Karno itu, Rudy mengawali vaksinasi untuk ratusan tenaga kesehatan (nakes) lansia di Kota Bengawan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya mengeluarkan izin penggunaan darurat (Emergency Use of Authorization/EUA) vaksin COVID-19 Sinovac dengan merek CoronaVac untuk lansia di atas 60 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya