SOLOPOS.COM - Siswa baru SDN Sriwedari 197 Solo, Azzam Maruf Bi Qolbi (kanan), mendengarkan penjelasan Guru Wali Kelas I, Diyan Alfiyana, saat hari pertama masuk sekolah di ruang kelas I SDN tersebut, Senin (11/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Azzam Maruf Bi Qolbi, 7, satu-satunya siswa baru di SDN Sriwedari 197, Laweyan, Solo, menjalani hari pertama masuk sekolah di Kelas I, Senin (11/7/2022), dengan pengenalan lingkungan sekolah

Ia diajak wali kelasnya, Diyan Alfiana, berkeliling berbagai ruangan di sekolah tersebut, berkenalan dengan guru-guru dan murid-murid lain dari tingkat yang lebih tinggi. Setelah itu, Azzam lebih banyak menghabiskan waktu dengan gurunya di dalam kelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS di sekolah itu rencananya berlangsung selama tiga hari. Mengenai Azzam, Diyan menilai anak tersebut cukup komunikatif. “Sejauh ini Azzam cukup semangat diajak ngobrol juga menjawab dengan baik,” jelas Diyan saat ditemui Solopos.com di sela-sela jam istirahat, Senin.

Di ruang kelas SDN Sriwedari 197 Solo yang cukup menampung 20-28 siswa tersebut, Azzam sang siswa baru duduk sendirian. Tak ada riuh ramai siswa-siswa lain seperti kebanyakan ruang kelas SD.

Ekspedisi Mudik 2024

Kursi di ruang kelas I itu juga sudah disesuaikan dengan jumlah siswa yang terdaftar. Sebenarnya selain Azzam, masih ada satu lagi siswa kelas I dari tahun sebelumnya yang tidak naik kelas. Namun siswa tersebut hari itu belum masuk sekolah.

Baca Juga: Semangat Azzam, Satu-Satunya Siswa Baru SDN Sriwedari 197 Solo

Diyan mengajar Azzam dengan duduk persis di depannya. Diyan mengatakan ada beberapa kegiatan yang dilakukan ia dan Azzam saat pertama masuk sekolah.

Diawali dengan perkenalan keduanya. Diyan menuturkan siswa baru SDN Sriwedari 197 Solo itu mau menyampaikan apa hal yang ia suka dan hal yang bisa membuat dirinya tidak nyaman.

Membuat Kartu Nama

“Tadi saya juga tanya apa saja kesukaannya dan apa yang enggak dia suka. Kemudian dia juga menjelaskan kok,” tuturnya. Selain berkenalan, Diyan juga mengajak Azzam membuat kartu nama. Ia meminta Azzam untuk menyimpan kartu nama itu untuk dibawa pulang.

Baca Juga: Hanya Diikuti 1 Siswa Baru, Begini Jalannya MPLS SDN Sriwedari 197 Solo

Saat waktu istirahat tiba, Azzam belum mau bergabung dengan siswa lain dari kelas di atasnya. Kemudian Diyan mengajak siswa baru itu keliling sekolah dan menjelaskan ada ruangan apa saja di SDN Sriwedari 197 Solo.

“Tadi saya tanya juga, mau main sama mas-masnya di sana enggak. Tapi bilang ingin di dalam dulu saja,” terangnya. Saat ditanya mengenai lagu berjudul Pergi Belajar, Azzam juga menjawabnya.

Ia mengaku pernah mendengar lagu tersebut, namun ada sedikit lirik yang lupa. “Pernah [dengar] tapi lupa,” jelas Azzam dengan suara kecilnya.

Baca Juga: Sedih! SDN Sriwedari Solo Dipastikan Tak Dapat Murid Dari Jalur Zonasi

Seperti diberitakan sebelumnya, SDN Sriwedari 197 Solo hanya mendapat satu siswa baru dari jalur afirmasi pada PPDB Solo 2022/2023. Sebenarnya ada dua pendaftar dari jalur zonasi, namun keduanya menempatkan SDN Sriwedari 197 pada pilihan kedua.

Saat pengumuman PPDB, dua pendaftar itu ternyata diterima di sekolah pilihan pertama. Akibatnya, SDN Sriwedari 197 tak mendapat satu pun siswa baru dari jalur zonasi pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya