SOLOPOS.COM - Pesepak bola Persebaya Marselino Ferdinan (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang PSIS saat pertandingan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/8/2022). (ANTARA FOTO/Moch Asim/hp)

Solopos.com, SURABAYAPSS Sleman wajib mewaspadai Maselino Ferdinan saat menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ketujuh Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (27/8/2022).

Marselino Ferdinan diperkenalkan oleh Aji Santoso ke kancah sepak bola nasional pada usia 17 tahun. Banyak hal yang bisa dikagumi, salah satunya adalah tendangan geledek arak jauh.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Dia lahir di Jakarta pada tanggal 9 September 2004. Bergabung dengan Akademi Persebaya pada 2019 lalu. Dalam kurun waktu setahun, dia berhasil menarik perhatian tim pelatih dan mencobanya untuk berlatih di tim senior.

Baca Juga: Hadapi Persebaya, PSS Sleman Dihantui Rekor Jelek di Maguwoharjo

Di latihan pun, Aji Santoso begitu terpikat dengan kemampuan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang. Tidak perlu waktu lama, Marselino Ferdinan menjalani debutnya pada pekan ke-2 Liga 1 2021/2022 melawan Persikabo 1973. Laga debutnya itu berakhir dengan kemenangan bagi Persebaya dengan skor 3-1.

Kemampuannya terendus oleh Timnas Indonesia dan akhirnya bergabung dengan tetap tampil mengesankan. Setelah pulang dari kewajiban membela negara, Marselino Ferdinan langsung dipercaya bermain untuk Persebaya lagi. Hanya berselang satu pekan kemudian dia membukukan gol debut dengan cara yang spesial.

Dia menjebol gawang tim rival Persebaya, Arema FC pada pekan ke-11 Liga 1 2021/2022. Proses menjebolnya dengan cara spektakuler, yaitu tendangan jarak jauh. Tidak tanggung-tanggung, kiper asing kaliber Adilson Maringa ditaklukkan.

Baca Juga: Klasemen Terbaru Liga 1: Borneo di Puncak, Persis Solo di Atas Zona Degradasi

“Di musim kemarin, dia terbukti memiliki tendangan-tendangan yang mematikan. Mudah-mudahan ke depan bagus lagi,” kata Aji Santoso.

Selepas gol debut itu, Marselino Ferdinan rajin berkontribusi untuk gol-gol Persebaya di pertandingan lainnya. Sampai musim berakhir dia mencatatkan empat gol dan tujuh assist. Gawang PS Barito Putera, Bali United FC, dan PSM Makassar sudah masuk daftar gawang yang pernah dijebolnya.

Dia masih diandalkan jelang Liga 1 2022/2023 bergulir. Namun dia sempat mengalami cedera hamstring saat membela Timnas Indonesia U-19 di ajang AFF 2022 dan terpaksa absen sampai pekan keempat.

Baca Juga: Soal Dugaan Sponsor Judi Online, PT LIB Tanyai Arema, PSIS dan Persikabo

Aji Santoso kemudian menurunkannya kembali pada pekan ke-5 setelah memastikan kondisi pemain tidak ada masalah sama sekali. Di pekan berikutnya, Marselino diturunkan sejak menit awal melawan PSIS Semarang.

Senjata mematikannya berupa tendangan geledek jarak jauh menjadi kunci kemenangan Persebaya atas PSIS dan berhasil melesakkan gol di menit ke-90+4.

“Memang salah satu senjatanya Marsel adalah tendangan jarak jauh. Selain itu, dia juga pandai main bola-bola pendek dan visi bermainnya bagus,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya