SOLOPOS.COM - Tangkapan layar-Presiden Joko Widodo menginap sehari di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). (JIBI-Bisnis/Nancy Junita/@jokowi)

Solopos.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri serta rombongan berkemah di Kawasan Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Layaknya kemah, Jokowi dan rombongan akan menginap di tenda yang sudah disiapkan oleh Sekretariat Presiden (Setpres).

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menjelaskan tenda kemah yang digunakan Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, merupakan barang inventaris. Heru memerinci tenda tersebut dibeli saat gempa bumi terjadi di Poso, Sulawesi Tengah, pada 2019 silam, namun belum sempat dipakai oleh Kepala Negara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Itu tenda inventaris sudah lama punya Setpres. Sudah lama inventaris, 2019 saat gempa Poso. Belum sempat dipakai saat gempa dulu,” kata Heru saat dimintai konfirmasi melalui pesan singkat kepada awak media di Jakarta, Senin (14/3/2022), seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Penampakan Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara

Kasatpres menyebutkan tenda jenis inflatable air itu bermerek Quechua Arpenaz. Karena kondisi yang dinilai masih bagus, pihak Istana pun tidak membeli tenda baru untuk digunakan Presiden berkemah.

Heru memerinci fasilitas di dalam tenda hanya terdapat kasur dan tidak ada pendingin ruangan atau AC. Sekretariat Presiden juga menyediakan 6 unit kamar mandi untuk Presiden dan para menteri serta pejabat lainnya yang turut berkemah.

Fasilitas sanitasi terdiri atas shower dan toilet duduk. Menurut pihak Istana, pemakaian shower dinilai lebih hemat dalam penggunaan air daripada gayung.

Baca Juga: Persiapan Kemah Presiden Jokowi di Titik Nol Kilometer IKN Kaltim

“Kalau gayung kan boros. Shower biar hemat karena air terbatas. Kalau lima gayung itu shower sudah cukup untuk mandi, tetapi kalau gayung bisa satu ember satu orang,” ucap dia.

Budi menambahkan tidak ada makanan khusus yang disediakan saat Presiden dan Ibu Negara bermalam di Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Selain kue dan buah-buahan, pihak Istana juga bahkan menyediakan mi instan di dalam tenda. “Makanan biasa saja kue dan buah. Enggak ada [makanan khusus]. Paling Indomie,” ujar Heru.

Baca Juga: Bawa Tanah & Air di Lokasi IKN, Sultan HB X: Diambil dari Tempat Khusus

Sebagai informasi, lokasi tempat Presiden dan Ibu Iriana bermalam berupa area perkemahan yang berada sekitar 2,7 kilometer dari titik nol. Di area perkemahan juga terdapat tenda-tenda untuk para menteri dan rombongan yang turut bermalam.

Sejumlah menteri dan pejabat yang turut berkemah mendampingi Presiden yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, serta Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya