SOLOPOS.COM - Kepala Disdikpora DIY, Baskara Aji (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Tenaga pengajar DIY mengalami penyebaran yang tak merata.

Harianjogja.com, JOGJA – Penyebaran guru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak merata. Hal ini membuat sejumlah wilayah ada kelebihan guru dan di daerah lain kekurangan guru dengan jumlah yang sangat banyak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY, Baskara Aji menuturkan jika guru di DIY kurang 3.300 orang sedangkan kelebihannya mencapai 1.900 orang. Kekurangan ini kebanyakan adalah guru pendidikan jasmani dan bahasa Indonesia.

“Di Kota Jogja saja ada kekurangan guru bahasa Indonesia sangat banyak. Sebab ada satu guru mengajar 40 jam dalam seminggu. Ini sudah tidak sehat,” jelas Aji di ruang kerjanya, Selasa (5/1/2016).

Kekurangan guru selama ini memang ditutup dari pengadaan guru tidak tetap yang diangkat masing-masing sekolah. Namun jumlah guru tidak tetap ini masih belum bisa menjangkau kekurangan yang sangat banyak.

“Harapan kami implementasi UU nomor 23 tahun 2015, kewenangan pengelolaan SMA dan SMK ada di Provinsi bisa segera dilakukan. Katanya tahun 2017 ini. Jika dijalankan maka kami bisa mengambil kelebihan guru salah satu mata pelajar dari Bantul untuk menutup kekurangan di Kota,” jelas Aji.

Sementara itu guru yang berlebih di Kota Jogja adalah guru mata pelajaran Sosiologi. Kebanyakan guru ini membuat guru sosiologi tidak bisa mengajar sampai 24 jam berimbas pada tunjangan sertifikasi.

“Jadi guru yang tidak mengajar 24 jam dalam seminggu maka tidak akan mendapatkan tunjangan sertifikasi. Dan ini banyak dikeluhkan guru sosiologi di Kota Jogja dan mereka berharap bisa pindah ke kabupaten lain di DIY yang memiliki kekurangan guru sosiologi,” kata Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya