SOLOPOS.COM - Beberapa kader PDIP Solo memakai kaus bertuliskan Banteng Celeng saat menghadiri kunjungan Ganjar Pranowo di rumah FX Hadi Rudyatmo di Pucangsawit, Jebres, Solo, Jumat (12/11/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, temui Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo alias Rudy, di rumahnya, Pucangsawit, Jebres, Solo, Jumat (12/11/2021) siang. Ganjar datang untuk melihat pameran foto 44 Tahun Perjalanan Sang Akar.

Pantauan Solopos.com, Ganjar tiba di Pucangsawit pukul 10.49 WIB dan langsung disambut hangat oleh Rudy. Mereka kemudian melakukan ritual salam pertemuan dengan mengadu kening. Ritual itu selalu mereka lakukan saat bertemu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah itu Ganjar diajak Rudy melihat foto-foto yang dipajang di Pendapa RW 009 Pucangsawit. Foto-foto itu menceritakan perjalanan hidup atau sepak terjang Rudy selama empat dekade terakhir. Seperti foto saat pencalonan Jokowi-Rudy di Pilkada Solo 2005.

Ada juga foto-foto Jokowi-Rudy saat memimpin Solo, hingga foto akhir masa jabatan Rudy sebagai orang nomor satu di Solo pada Februari 2021. Di antara foto yang ada, Ganjar tartarik dengan satu foto di tengah pendapa.

Baca Juga: UNS Solo Terpilih Sebagai Tuan Rumah Kontes Robot Terbang Indonesia

Foto tersebut merupakan gambar Ganjar dan Rudy yang sedang mengadu kening saat bertemu di suatu tempat. Setelah melihat-lihat pameran foto, saat temui Rudy itu Ganjar juga diajak melihat Taman Sunan Jaga Kali buatannya di tepi Sungai Bengawan Solo.

Ada satu momen menarik setelah Ganjar berjalan melihat-lihat taman tersebut. Beberapa kader PDIP memberikan tiga kaus kepada Ganjar. Salah satu kaus itu bergambar sosok Ganjar dan Rudy yang sedang mengadu kening pada bagian depannya.

Sedangkan di bagian belakang kaus terdapat gambar banteng dan celeng. Di bawah gambar itu terdapat tulisan Banteng-Celeng. Saat dimintai tanggapan wartawan ihwal kaus itu, Ganjar berkelit. Ia menolak untuk memberikan komentar.

Inisiatif Kader

“Hooh pa? Mosok sih? Ah mosok, tenane. Jare sapa?” katanya. Ganjar juga membantah terdapat gambar celeng di kaus yang diterimanya itu. Menurutnya, di kaus berwarna hitam itu hanya terdapat gambar dirinya bersama sang senior, Rudy.

Baca Juga: Pertengkaran Jadi Penyebab Tertinggi Kasus Perceraian di Solo

Termasuk saat diingatkan wartawan letak gambar celeng di bagian belakang kaus, Ganjar tak mengakuinya. “Enggak ada gambar celeng. Gambare Pak Rudy ogh. Ora, ora ketok kok gambare. Gambare Pak Rudy mbek aku,” tuturnya.

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancarai wartawan mengakui ada beberapa kader PDIP Solo yang memberikan kaus bertuliskan Banteng-Celeng kepada Ganjar. Tapi hal itu merupakan inisiatif beberapa kader.

“Itu yang ngasih [kaus] anak-anak kok, bukan saya. Inisiatif kader,” ujarnya. Rudy menyatakan kader PDIP Solo selalu bersikap tegak lurus kepada partai. Semua perintah dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri selalu dilakukan.

Baca Juga: Misteri Makam Solo: Den Bagus Kinthir Diduga Kerabat Mangkunegaran

Sikap tegak lurus PDIP Solo menurut Rudy sudah terbukti sejak 2005 sampai sekarang ini. “Tidak ada yang membelok ke sana kemari, dan ini sudah dibuktkan puluhan tahun, sejak 2005 sampai sekarang. Itu namanya tegak lurus,” urainya.

Pantauan Solopos.com, pada kesempatan itu ada beberapa kader PDIP Solo yang mengenakan kaus bertuliskan Banteng-Celeng, seperti yang diberikan kepada Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya