Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca
 
Pemandangan yang nampak dari puncak Gunung Taruwongso, di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, Minggu (19/8/2012). (Dok/SOLOPOS)
Espos Plus Soloraya

Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

Solopos.com, SUKOHARJO — Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno. Manik-manik tersebut umumnya dibuat kalung dan dikenakan pada leher orang yang mati. Manik-manik lain juga ditemukan di Situs Kopen, masih di kecamatan yang sama.

Mengutip buku Jawa Tengah Sebuah Potret Warisan Budaya yang diterbitkan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, manik-manik itu juga ditemukan di dekat Kecamatan Tawangsari, tepatnya di Desa Karangtengah, Kecamatan Weru.

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode