Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Temuan Candi Bata di Situs Giriroto Boyolali dan Pesugihan Gunung Wijil

Temuan Candi Bata di Situs Giriroto Boyolali dan Pesugihan Gunung Wijil
user
Sabtu, 16 Juli 2022 - 15:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sejumlah warga melihat temuan arca saat proses ekskavasi penemuan situs candi di lahan pertanian Gunung Wijil, Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (6/4/2016). Berbagai jenis temuan situs seperti Arca Mahapala, Arca Nandiswara, Batu Yoni, Pelataran batu bata kuno, dan batu relief wayang tersebut diperkirakan peninggalan pada jaman kerajaan Mataram atau Hindu siwaisme pada abad ke-8 sampai ke-10. ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho/ama/16.

Solopos.com, BOYOLALI — Pada Maret 2016 lalu, warga Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak Boyolali menemukan struktur candi dan arca bata di situs lingkungan desa setempat hingga memancing pendatang yang melakukan ritual pesugihan di Dukuh Gunung Wijil itu. 

Temuan tersebut diawali laporan kepala desa berupa surat kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah pada 14 Maret 2016. Dalam suratnya kepala desa menjelaskan bahwa di wilayahnya ditemukan temuan batu dan memohon untuk diteliti lebih lanjut. BPCB Jateng kemudian mengirim beberapa staf untuk menggelar penelitian eskavasi.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN