SOLOPOS.COM - Menciptakan empati saat berbisnis dan fokus menjalin komunikasi jarak jauh menjadi strategi untuk mencapai kesuksesan selama pandemi virus corona pemicu Covid-19. (Bisnis-Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir mengguncang dunia. Perlambatan ekonomi terjadi di berbagai belahan dunia. Berdasarkan data, 68% bisnis kecil tidak siap menghadapi resesi global ini. Lalu, adakah peluang sukses untuk mengembangkan bisnis di saat pandemi?

Tak sedikit memang pelaku usaha yang berusaha mencari peluang di tengah pandemi Covid-19 ini. Bagi Anda yang baru dalam tahap akan mulai menjalankan bisnis atau mencoba mencari peluang di masa pandemi, maka perhatikan delapan strategi ini agar usaha yang dijalankan dapat kian berkembang, seperti dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari Inc42:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Terapkan Cara Kenormalan Baru

Merebaknya Covid-19 telah mengubah cara berbisnis sehingga semua harus dijalankan sesuai dengan kenormalan baru. Ini tentu memberikan tantangan sekaligus peluang baru bagi Anda untuk menerima dan menerapkan aturan kenormalan baru dalam bisnis Anda.

Mulailah dengan mode kerja virtual, lakukan rapat zoom. Gunakan jaminan pemasaran online—buletin, webinar, video, media sosial, dll. Fokus pada layanan tanpa sentuhan, dan demi kebaikan karyawan dan pelanggan Anda, maka ikutilah norma-norma work from home atau WFH. Ini akan memastikan semua orang dalam keadaan sehat dan mengurangi banyak biaya operasional Anda.

2. Fokus Membangun Tim Jarak Jauh

Menurut Fortune, sekitar satu dari empat pemimpin bisnis melihat lebih banyak karyawan yang melanjutkan WFH setelah negaranya sudah melonggarkan lockdown. Ini menunjukkan bahwa para pemilik usaha harus fokus mengatur kerja tim jarak jauh dari awal. Gunakan aplikasi kolaborasi tim seperti Trello, Slack, Microsoft Teams, dan Skype untuk komunikasi.

3. Ciptakan Empati Dalam Penjualan Dan Pemasaran

Salah satu hal yang telah diajarkan oleh krisis kepada kita adalah kekuatan empati yang luar biasa. Belum pernah sebelumnya dalam umat manusia kita sebagai ras lebih baik dan berempati satu sama lain. Bisnis, terutama fungsi penjualan dan pemasaran, memiliki pelajaran untuk mempelajari hal ini.

Gary Vaynerchuk, salah satu wirausahawan yang paling banyak dibicarakan, mengaitkan empati dengan kesuksesannya. Dia mengatakan bahwa tidak peduli apa profesi Anda. Namun jika Anda dapat memahami tujuan pelanggan dan memetakan kebutuhan mereka ke dalam solusi, maka Anda tidak akan terkalahkan.

4. Terapkan Pertumbuhan yang Konsisten

Jika Anda seorang pemasar berpengalaman, kemungkinan besar Anda tahu tentang model flywheel untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Model flywheel berfokus pada pertumbuhan pelanggan yang konsisten dan hubungan mereka dengan merek Anda bahkan setelah Anda mengubah calon prospek menjadi pelanggan.

5. Tunjukkan Potensi Anda Kepada Investor

National Venture Capital Association, dalam laporannya, menyatakan bagaimana virus corona akan memengaruhi startup di kuartal mendatang. Ia juga menyatakan bahwa VC sekarang akan berpikir berkali-kali sebelum berinvestasi dalam sebuah startup.

Catatkan 300.000 Pre-Order, Album Repackage In ? Stray Kids Lampaui Rekor

Di dunia pasca-Covid-19, Anda perlu mengetahui keunggulan kompetitif Anda, memanfaatkannya, dan memiliki rasa kemampuan beradaptasi. Anda perlu menunjukkan bahwa Anda mampu mengembangkan bisnis dan menangani uang investor secara efektif.

Karena itu, sebuah ide akan membuat lebih banyak perbedaan dari sebelumnya di dunia pasca Covid karena orang-orang mengencangkan dompet mereka dan hanya membelanjakan untuk kebutuhan. Namun, jika Anda yakin bahwa produk dan layanan Anda dibutuhkan di era pasca-Covid-19, dan Anda dapat mengembangkan bisnis, Anda pasti akan mendapatkan dana.

6. Bangun Peta Jalan Untuk Tingkatkan Skala Bisnis Anda

Pengejaran kewirausahaan dimaksudkan untuk diukur. Mereka tidak dimaksudkan untuk berhenti di ambang tertentu. Meskipun demikian, menskalakan bisnis bukanlah tugas yang sulit. Anda memerlukan peta jalan yang terencana dengan baik untuk memastikan bahwa bisnis bergerak maju seperti orang yang menjalankan misi.

Pekerja Bangunan Temukan Kuburan Hewan Purba di Bandara Baru Meksiko

Mari kita katakan; Anda masuk ke dalam bisnis restoran yang menawarkan hanya dalam makan. Di dunia pasca pandemi, orang akan ragu untuk makan di luar. Sekarang, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak ingin kehilangan arus kas. Jadi, Anda dapat menyesuaikan cara berbisnis dengan bermitra dengan aplikasi pengiriman makanan dan menawarkan pengiriman dan takeaways atau dengan bermitra dengan toko lokal yang menjual produk yang berkaitan dengan layanan penting dan mulai mengirimkannya.

Pasar pasca-Covid-19 akan menuntut pebisnis yang lebih berpengalaman dan serba bisa, karena banyak strategi bisnis saat ini yang akan berubah. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki strategi yang terencana dan efektif.

7. Pangkas Biaya yang Tidak Perlu

Salah satu ciri utama dari kewirausahaan yang sukses adalah mereka beroperasi dengan hemat. Mereka membelanjakan apa yang penting dan pada tingkat yang tepat.

Mereka tidak berkompromi dengan biaya penting seperti membangun tenaga yang kuat, merancang strategi pemasaran, mengadakan inventaris, dan sebagainya. Anda dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu untuk memenuhi permintaan ini dan tetap meningkatkan pendapatan dengan mengadopsi otomatisasi .

13 Peti Mati Warga Kelas Menengah Mesir Kuno Ditemukan di Sahara

Dengan otomatisasi, Anda dapat dengan mudah mengurangi biaya produksi, membuat kampanye pemasaran yang lebih efektif. Selain itu, ini juga memberi Anda waktu untuk fokus pada hal-hal yang paling penting - menskalakan bisnis.

8. Fokus Pada Pengembangan Aplikasi

Menurut Statista, akan ada 3,8 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia hingga tahun 2021. Dengan banyaknya orang yang terhubung dengan ponsel mereka, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini. Di dunia pasca-Covid-19, orang masih menghindari keluar rumah dan melakukan semuanya secara online. Mereka akan berbelanja, memesan makanan, mendengarkan musik, menonton film, membaca online.

Semakin banyak orang akan memilih pengiriman nirsentuh melalui aplikasi seluler yang dapat memindai dan memberikan izin untuk barang yang dikumpulkan pada saat pengiriman. Oleh karena itu, pekerjaan pengembang aplikasi untuk memanfaatkan potensi ini dan mendorong bisnis Anda ke keadaan normal yang baru.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya