SOLOPOS.COM - Batu cinta yang menjadi tempat bertemu Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul di Pantai Parangkusumo, Bantul. (Facebook)

Solopos.com, BANTUL — Objek wisata Pantai Parangkusumo di Bantul, DIY, yang berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Jogja menyimpan kisah misteri antara Raja Mataram, Panembahan Senopati, dan Ratu Laut Selatan alias Nyi Roro Kidul.

Konon pada zaman dulu, Danang Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati, bertapa di tepi pantai agar hajatnya menjadi Raja Mataram terkabul. Dia kemudian didatangi sosok Ratu Laut Selatan yang mau membantu mewujudkan keinginannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (14/1/2022), semedi yang dilakukan Danang Sutawijaya membuat air laut bergejolak. Ombak tersebut menimbulkan hawa panas yang membuat Ratu Laut Kidul keluar dari istananya.

Baca juga: Ini Lokasi Gerbang Istana Ratu Kidul di Pantai Parangkusumo Jogja

Di tepi Pantain Parangkusumo, Nyi Roro Kidul bertemu dengan lelaki gagah yang bersemedi. Dia lantas menanyakan keinginan Danang Sutawijaya dan berniat membantunya.

Kala itu Nyi Roro Kidul mengajukan syarat agar Danang Sutawijaya dan keturunannya yang menjadi Raja Mataram harus bersedia menjadi suaminya. Keduanya pun menyepakati perjanjian tersebut.

Pertemuan Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul itu terjadi di batu karang yang kini dikenal dengan nama Sela Gilang Parangkusumo. Batu yang dijuluki sebagai batu cinta itu berada di kompleks Cepuri Parangkusumo yang dianggap sebagai gerbang menutu Keraton Laut Kidul.

Baca juga: Ular Besar dan Misteri Kematian Raden Rangga Putra Panembahan Senopati

Kisah misteri tersebut memunculkan anggapan bahwa Pantai Parangkusumo adalah Keraton Laut Kidul. Sampai saat ini pihak Keraton Jogja masih rutin menggelar acara Labuhan untuk Ratu Kidul.

Selain itu, banyak orang yang datang ke sana untuk berziarah dan bertapa, khususnya pada malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya