SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang cabai (Solopos-Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SUKOHARJO — Harga cabai di pasaran di Kabupaten Sukoharjo kian pedas. Harga cabai merah keriting pada Senin (28/12/2020) tercatat mencapai Rp60.000 per kilogram (kg).

Itu merupakan harga cabai tertinggi saat ini. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo Sutarmo mengatakan kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia memperkirakan harga cabai bakal terus meningkat hingga tahun baru nanti. Kenaikan harga cabai di Sukoharjo dipicu tingginya permintaan dan minimnya pasokan dari petani akibat terpengaruh cuaca hujan.

Muncul di Langit China, Ini Fenomena Bola Api Sepanjang 2020 di Berbagai Negara

“Harga tertinggi terjadi pada jenis cabai merah keriting Rp60.000 per kilogram,” kata dia kepada wartawan, Senin.

Disdagkop dan UKM terus melakukan pengawasan dan meminta tambahan pasokan cabai ke pusat untuk menambah stok dan menekan harga.

Menurut dia, tingginya permintaan cabai di Sukoharjo dipengaruhi aktivitas masyarakat merayakan Natal. Di sisi lain, juga banyak warga menggelar acara hajatan.

Rizieq Shihab Diramalkan Akan Jadi Menteri Agama 2024, Akankah Mau?

Kenaikan Rata-Rata Rp5.ooo

Aktivitas tersebut membuat stok cabai di tingkat pedagang di pasar tradisional diborong sehingga membuat harga naik. Padahal, ketersediaan barang terbatas.

Berdasarkan data Disdagkop dan UKM, harga cabai merah keriting di pasaran Sukoharjo mencapai Rp60.000 per kilogram, cabai merah besar Rp57.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp55.000 per kilogram, harga cabai rawit hijau Rp40.000 per kilogram. “Kenaikan harga cabai rata-rata Rp5.000 per kilogram,” ujarnya.

Pergerakan harga cabai berbeda dengan harga komoditas pangan lain yang justru mengalami penurunan selama perayaan Natal. Di antaranya harga daging ayam yang sebelumnya Rp34.000, turun menjadi Rp33.000 per kilogram. Harga telur ayam sebelumnya Rp25.000 turun menjadi Rp23.000 per kilogram.

Pengumuman, Rapid Test Antigen di Stasiun Tegal Dipindah ke Gedung SCS

Komoditas lain yang harganya tidak mengalami kenaikan seperti cabai di Sukoharjo adalah bawang merah. Komoditas ini semula dijual Rp26.000, kini turun menjadi Rp25.000 per kilogram.

Sedangkan harga bawang putih jenis honan stabil Rp23.000 per kilogram dan bawang putih jenis kating juga stabil Rp26.000 per kilogram

“Harga beras juga stabil pada kisaran Rp9.000-Rp11.000 per kilogram tergantung jenisnya. Harga gula pasir juga stabil Rp12.500 per kilogram,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya