SOLOPOS.COM - Ilustrasi telinga berdenging. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Sebagian kita percaya bahwa telinga berdenging sering diidentikan sebagai pertanda firasat buruk atau sedang dibicarakan orang lain. Ketahui penyebabnya secara ilmiah untuk menjaga kesehatan telinga.

Dalam dunia medis, ada penjelasan ilmiah terkait fenomena telinga berdenging ini. Apakah ini pertanda baik atau buruk, simak ulasan selengkapnya di info sehat kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tinitus atau telinga berdengis bisa bersifat permanen atau sementara. Tinnitus dapat digambarkan sebagai suatu kondisi yang menyebabkan Anda mendengar suara dering, dengung, mengi, mendesis, mengklik, memekik atau berdetak. Tinnitus sebenarnya bukan kondisi yang berdiri sendiri, itu adalah gejala dari sesuatu yang lain seperti penumpukan kotoran telinga, infeksi telinga, efek samping obat, kondisi medis seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, atau lubang telinga, gendang pendengar.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Indonesia Tidak Berpartisipasi di Miss Universe 2021, Ini Alasannya

Lantas, apakah telinga berdenging ini bersifat permanen atau sementara? Itu terletak pada penyebab tinnitus Anda.

Para ahli di Pusat Pendengaran dan Tinnitus menjelaskan bahkan suara yang pendek dan sangat keras dapat menyebabkan tinnitus, tetapi ini biasanya akan hilang dengan cukup cepat. “Jika suara keras bertahan lebih lama, mungkin karena Anda sedang menonton konser, maka gejala Anda bisa bertahan lebih lama dan jika Anda sering terpapar suara keras, mungkin di tempat kerja, gejala Anda bahkan bisa menjadi permanen,” jelas para ahli seperti dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (30/11/2021).

Kasus sementara biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti infeksi telinga atau suara keras satu kali.  Menurut aplikasi pengobatan tinnitus Oto, Tinnitus dapat berfluktuasi karena berbagai faktor dan tujuan bagi penderita Tinnitus adalah untuk mencapai lebih banyak hari ketika tinnitus tidak terlalu mencolok atau hampir tidak ada.

Baca Juga: Kebiasaan Tidur yang Buruk Bikin Orang Merasa Tua, Ini Penjelasannya

Situs itu menjelaskan sangat melelahkan untuk mengkhawatirkan apakah tinitus akan hilang. Pertama, ada baiknya untuk membedakan apakah Anda menderita tinitus sementara atau permanen.

” Tinnitus sementara adalah normal dan akan mereda dengan sendirinya dalam hitungan detik hingga menit – dengan ini, Anda hanya akan melihat tinnitus singkat yang terdengar seperti dering, kicau, bip, dengung, atau deru,”  demikian penjelasan para pakar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya