SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kiri), meninjau pembangunan Pasar Johar dan Alun-Alun Kota Semarang, Minggu (29/12/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemkot Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan Alun-Alun Kota Semarang telah selesai dibangun. Pembangunan alun-alun yang menghabiskan biaya mencapai Rp80 miliar itu pun sudah selesai dan bisa digunakan mulai tahun 2020 nanti.

Kendati proses pembangunan telah selesai, wali kota yang akrab disapa Hendi itu menyatakan harus dilakukan serah terima terlebih dahulu dengan kontraktor yang mengerjakan pembangunannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengusung desain ruang terbuka modern, Alun-Alun Kota Semarang yang terletak di kawasan Pasar Johar atau dekat Masjid Kauman itu dilengkapi dengan lantai basement dan bisa dipergunakan 200 pedagang dan parkir sepeda motor.

“Ini kan sudah selesai, tapi belum serah terima sama kontraktor. Nanti setelah serah terima langsung dipakai saja,” ujar Hendi, Minggu (29/12/2019).

Hendi berharap dengan mengembalikan konsep alun-alun seperti dahulu, akan ada banyak aktivitas warga di lokasi tersebut.

Sebelumnya, Alun-Alun Kota Semarang tersebut digunakan untuk para pedagang Pasar Johar sehingga fungsinya sebagai pusat kegiatan warga terbengkalai.

Alhasil, pada tahun 1969 atas usulan Presiden Soekarno, alun-alun pun dipindah di Simpang Lima Semarang. Sementara Alun-Alun Kota Semarang menjadi pusat perbelanjaan.

Namun pada 2015, Pemkot Semarang mulai mengembalikan fungsi alun-alun yang terletak di dekat Masjid Kauman, sekaligus melakukan revitalisasi Pasar Johar yang sebelumnya mengalami kebakaran dahsyat.

Hendi berharap setelah selesai direvitalisasi, Alun-Alun Kota Semarang kembali digunakan sebagai aktivitas masyarakat, terutama saat menggelar salat berjamaah pada hari-hari besar keagamaan.

“Ini kan tekstur lantainya sudah disiapkan dengan baik, menghadap kiblat, sehingga nanti saat Salat Idulfitri, Iduladha, atau hari besar lainnya, Masjid Kauman bisa menggunakan alun-alun untuk salat berjamaah,” terang Hendi.

Selain Alun-Alun Kota Semarang, Hendi memastikan jika proses revitalisasi Pasar Johar juga sudah selesai dikerjakan. Pasar yang sempat dilanda kebakaran hebat pada 2015 lalu itu pun sudah bisa digunakan mulai tahun 2020 nanti.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya