SOLOPOS.COM - Warna air di Telaga Sunyi saat debit air deras berwarna hijau gelap (Instagram/@telagasunyi_baturraden)

Solopos.com, BANYUMAS — Mau berwisata ke tempat yang sunyi untuk menenangkan pikiran? Telaga Sunyi sepertinya cocok bagi Anda yang ingin berelaksasi dari segala kepenatan kegiatan.

Telaga Sunyi adalah wisata yang ada di kawasan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi wisata ini tidak jauh dari pintu gerbang masuk Baturraden yang hanya sekitar 3 km saja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube Destindo, Jumat (29/4/2022), seperti namanya, suasana di Telaga Sunyi sangatlah sunyi. Konon, wisata ini sebelumnya digunakan untuk bertapa oleh tokoh-tokoh spiritual sehingga membuat wisata ini memiliki unsur sakral dan mistis.

Karena ada unsur sakral dan mistis tersebut, pengunjung yang datang diharapkan bisa menjaga pikiran, perilaku, dan perkataan. Jika pantangan itu dilanggar, konon pengunjung bisa ditenggelamkan oleh penunggu telaga sunyi yang tak kasat mata. Bagi pasangan kekasih yang beradu mulut di tempat ini, konon hubungan mereka juga akan berakhir

Ekspedisi Mudik 2024

Air di Telaga Sunyi ini sangat bersi segar dan jernih karena airnya berasal dari mata air yang ada di kaki Gunung Slamet.Karena begitu jernihnya,  air yang ada di Telaga Sunyi ini bisa langsung diminum karena belum tercemar dengan polutan. Saking begitu jernihnya juga, pengunjung yang berenang bisa melihat dasar dari telaga dan bisa dengan jelas memlihat biota-biota yang hidup di telaga tersebut.

Baca juga: Capek Perjalanan! Posko Mudik Ini Tawarkan Panorama Kota Semarang

Pengunjung bisa dengan leluasa bermain air atau berenang di telaga ini, namun pengunjung tidak diperbolehkan menaiki tebing-tebing telaga. Kedalaman telaga ini sekitar enam meter, namun ada juga kolam dangkal  yang berada di sebelah telaga. Bagi yang suka dengan snorkling, telaga ini cocok untuk melampiaskan hobi.

Keunikan lainnya dari telaga ini adalah warna airnya yang sering berubah. Jika debit airnya kecil, seperti saat musim kemarau, airnya akan berwarna biru kehijauan muda (biru tosca), namun saat musim hujan di mana debit air akan tinggi, air telaga akan berwarna biru hijau gelap.  Telaga ini juga terdapat air terjun mini yang hanya mengalir saat musim hujan saja.

Baca juga: Tukar Takir, Tradisi Ngabuburit Khas Brebes

Tempat Pertapaan

Telaga Sunyi, Baturaden, Kabupaten Banyumas
Telaga Sunyi, Baturaden, Kabupaten Banyumas (Instagram/@mhmdrfiiiii)

Karena suasananya yang sunyi, masih banyak pertapa yang melakukan ritual pertapaan di Telaga Sunyi di hari-hari tertentu. Oleh karena itu, pengunjung harus ingat untuk selalu menghindari pantangan-pantangan yang berlaku di Telaga Sunyi ini, yaitu menjaga pikiran, perkataan dan kelakuan.

Terlepas dari sakral dan mistisnya Telaga Sunyi, wisata yang berlokasi Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang ini tetap menjadi destinasi wisata favorit, khususnya para pemburu gambar atau fotografer. Lokasinya yang masih asri di mana di sekitar telaga banyak hamparan pepohonan pinus yang masih hijau hingga warna air telaga yang jernih menjadi objek yang selalu diburu oleh para pemburu gambar.

Baca juga: Jenang Kudus Kuliner Khas Favorit Para Raja

Harga tiket masuk ke telaga ini dibanderol Rp13.000 per orang dengan jam buka dari jam 07.00 hingga 17.00. Pengunjung direkomendasikan untuk datang sebelum sore karena kondisi lokasi akan sangat sepi dan gelap, selain itu juga menghindari kemungkinan adanya serangan hewan liar yang sering muncul saat menjelang gelap.

Selain itu, pengunjung juga disarankan menggunakan sepatu olahraga karena jalan di sekitar telaga berbatu-batu. Wisata ini juga lengkap dengan fasilitas pendukung, seperti tempat parkir,toilet dan musala bagi umat Muslim yang hendak melaksanakan ibadah shalat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya