SOLOPOS.COM - Gelang sensor biologis (liliputing.com)

Teknologi terbaru Toshiba menggabungkan sejumlah fungsi sensor biologis.

Solopos.com, TOKYO — Perusahaan elektronik Jepang, Toshiba, berencana merilis sebuah gelang yang memiliki sensor biologis pada bulan September tahun ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sensor tersebut, bernama Silmee W20/W21, dapat mengukur jumlah aktivitas, berapa kali seseorang tidur, berapa banyak percakapan yang dilakukan pemakai, tingkat sinar ultraviolet dan mengukur denyut nadi seseorang. Sensor ini perlu digabungkan dengan smartphone untuk merekam dan mengolah data.

Sensor ini, dilansir japantoday.com, Jumat (7/8/2015), juga memiliki fungsi untuk memantau seseorang. Sebagai contoh, jika sebuah tombol di gelang tersebut ditekan saat keadaan darurat, pemberitahuan akan dikirim kepada pihak bersangkutan yang telah terdaftar melalui smartphone pemakai gelang.

Perangkat tersebut dilengkapi dengan Sistem Pemosisi Global (Global Positioning System/GPS) untuk mendeteksi dimana gelang berada saat itu.

Toshiba sebelumnya telah memasarkan Actiband, yang dapat mengukur jumlah aktivitas dan mengukur waktu tidur seseorang. Dengan diciptakannya gelang baru W20/W21, Toshiba menambah daftar perangkat buatannya yang digunakan untuk mengukur sejumlah hal sekaligus.

Toshiba juga telah meneluarkan produk Sillme Bar, yang juga memiliki sensor biologis, pada bulan Mei 2015 lalu. Silmee Bar dijual dengan harga Rp925000. Haarga ini lebih murah dari model Silmee lain yang dijual dengan harga sekitar Rp1,1 juta.

Silmee bar terbaru, dihimpun dari japantoday.com, dapat mengukur interfal pernapasan berdasarkan kekuatan jantung seseorang. Namun, Silmee bar terbaru ini lebih berat dari produk sebelumnya.

Toshiba sedang berusaha untuk menggabungkan sejumlah brand yang memproduksi sensor biologi menjadi satu produk yaitu Silmee.(Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya