SOLOPOS.COM - Drone bikinan Nokia (Ubergizmo)

Teknologi terbaru tengah dikembangkan Nokia. Perusahaan Finlandia itu bersiap membuat drone untuk pemeliharaan jaringan.

Solopos.com, SOLO – Pesawat tak berawak atau yang biasa dikenal sebagai drone bukan hal tabu lagi di era sekarang. Pemanfaatan teknologi terbaru itu pun semakin bervariasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Misalnya, kantor pos di Swiss yang berencana akan menggunakan drone untuk mengirim paket. Ada juga Microsoft yang bersiap membuat drone untuk pengusir nyamuk penyebar virus berbahaya. Kini giliran Nokia yang akan memanfaatkan drone untuk pemeliharaan jaringan.

Sebagaimana dimuat laman Ubergizmo, Jumat (10/7/2015), Nokia menggandeng perusahaan telekomunikasi asal Uni Emirat Arab, DU, untuk menciptakan drone canggih itu. Kerjasama mereka akan menghasilkan desain drone yang mampu memelihara jaringan dengan serangkaian pengujian.

Drone tersebut memungkinkan operator melakukan inspeksi dan pemeliharaan menara telekomunikasi. Selain itu juga bisa menguji jangkauan jaringan beserta kinerjanya dan melakukan optimasi lain yang biasanya dilakukan secara manual oleh teknisi.

Hingga saat ini pengujian drone itu dianggap cukup berhasil. Drone itu mampu terbang di atas Dubai International Stadium dengan camera-mounted miliknya mampu memeriksa kinerja jaringan dan garis uji penglihatan berbagai menara. Hal tersebut dianggap sangat berguna bagi perusahaan telekomunikasi dalam perencanaan radio jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya