SOLOPOS.COM - ilustrasi (ist)

Teknologi informasi Klaten, ada tiga investor yang tertarik menggarap microcell.

Solopos.com, KLATEN–Tiga investor asal luar Klaten menyatakan kesediaannya membangun microcell di Kota Bersinar dalam waktu dekat. Microcell yang akan dibangun tersebut sebagai perangkat utama membangun sejumlah wireless fidelity (wifi) di berbagai daerah di Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Bambang Giyanto, mengatakan investor yang tertarik menggarap microcell berasal dari Jogja dan Jakarta. Masing-masing investor sudah mengajukan penawaran ke Pemkab Klaten secara resmi beberapa bulan terakhir.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebelum membahas bersama dengan investor [membahas kesepakatan bersama], tugas utama yang akan dilakukan adalah mematangkan draf peraturan bupati (perbup). Setelah draf jadi dan disepakati pak bupati, kami akan menjalin komunikasi dengan masing-masing investor untuk menentukan investor mana yang berhak membangun microcell di Klaten. Nantinya tak hanya membangun wifi, investor ini juga berkonsentrasi membangun kamera closed circuit television (CCTV), tower, dan lain sebagainya,” kata Bambang Giyanto, kepada Solopos.com, Rabu (4/11/2015).

Bambang Giyanto mengatakan lokasi yang akan dipasang wifi Pemkab Klaten masih dalam tahap survei tim lapangan. Diharapkan, bangunan microcell yang menggandeng pihak ketiga itu dapat rampung akhir 2015.

“Untuk lokasi microcell-nya memang ada 104 lokasi. Tapi, itu nanti tidak semuanya berbentuk wifi gratis. Soal gratis dan tidak itu masih perlu dibahas dengan investor,” katanya.

Hal senada dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Teknik dan Sarana Prasarana Dishub Klaten, Totok Gantoro. Sebelum menentukan lokasi dan memutuskan investor yang akan membangun microcell di Klaten, Dishub Klaten berkonsentrasi membuat payung hukumnya terlebih dahulu.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sunarna, menjelaskan Pemkab Klaten berkomitmen memberikan fasilitas teknologi informasi (TI) ke masyarakat. “Nantinya, di setiap kecamatan akan ada pelayanan wifi [ditambah beberapa lokasi yang dinilai strategis di perkotaan],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya