SOLOPOS.COM - Edward Snowden

Solopos.com, NEW YORK – Mantan Intelejen National Security Agency (NSA), Edward Snowden kembali bikin pernyataan kontroversial. Snowden menyarankan pengguna Internet untuk tidak membuka akun Facebook, Google, dan Dropbox.

Dalam acara The New Yorker Festival seperti dikutip dari Mashable, Rabu (15/10/2014), Edward Snowden menyebut layanan penyimpanan awan atau cloud di sejumlah jejaring sosial terbukti bermasalah. Facebok, Google, dan Dropbox jadi contoh konkret.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Ketiga aplikasi populer ini disebut Snowden sangat buruk dalam memproteksi privasi penggunanya. Dia mengatakan ketiganya justru membuat pengguna membocorkan sejumlah informasi pribadi yang terbilang sangat rahasia.

Snowden mengungkap enkripsi pada Dropbox menggunakan pihak ketiga, sehingga rawan untuk disalahgunakan. Snowden juga mengimbau agar pengguna layanan Internet sadar akan hak dan bahaya layanan-layanan itu terhadap privasi mereka.

“Saat Anda bilang tidak punya sesuatu yang disembunyikan, maka Anda sudah tidak peduli lagi dengan hak-hak Anda,” katanya, Sabtu (11/10/2014).

Karena itu, Snowden merekomendasikan pengguna beralih ke layanan lain, seperti RedPhone atau Silent Circle, alih-alih mengandalkan layanan SMS Default. Ia juga akan menyambut baik jika enkripsi di smartphone lebih ditingkatkan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya