SOLOPOS.COM - Apartemen Ayam/Antaranews

Solopos.com, JAKARTA – Beternak ayam kini tak lagi harus menggunakan cara tradisional satu lantai. Para peternak milenial di Jawa Barat contohnya, mereka dibantu Pemprov Jawa Barat sukses mengembangkan apartemen ayam dengan teknologi 4.0.

Ternak berbasis teknologi ini, seperti dikutip Antaranews.com, Kamis (11/3/2021),  dikembangkan terhubung dengan Internet Of Thing (IOT). Lokasi apartemen ayam ini berada  di Desa Cibodas, Kutawaringin, Kabupaten Bandung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kandang ayam lima lantai ini dibangun di lahan 100 m2 dan mampu menampung 5.000 ekor ayam. Bangunan kandang ayam ini dibangun mirip aparetemen manusia yang diklaim lebih menghasilkan pemasukan.

Baca Juga : Ini Barisan Mobil Listrik Yang Bisa Dibeli Di Indonesia

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bahkan mengunjungi dan memberikan dukungan adanya aparatemen ayam ini. Para peternak milenial ini, lanjut Kang Emil, hanya membutuhkan modal 148 juta dan mampu menghasilkan Rp10 juta hingga Rp20 juta per bulan.

Aparatemen ini disebut Kang Emil sudah terkoneksi aksesnya lewat smartphone. Memanfaatkan kemampuan IOT, peternak bisa memantau kondisi kandang secara kontinyu. Alur pembuangan limbah atau kotoran ayam juga dibuat mandiri mengandalkan sistem IOT. Hasil akhir pembuangan kotoran ayam akan menjadi fermentasi yang bernilai ekonomis.

Aparatemen ini dilengkapi tempat makan, tempat minum yang penyalurannya sudah terjadwal dan diatur menggunakan program komputer. Kotoran yang jatuh akan langsung tertampung terpal dan terkumpul untuk untuk dijadikan fermentasi.

Baca Juga : Macho Banget! Potret Aprilia Manganang, Pevoli Putri Yang Dipastikan Pria

Kunci dari apartemen ayam adalah penggunaan teknologi IOT yang bikin pekerjaan peternak lebih ringan. Peternak akan terkoneksi dengan benda berupa sensor, robot, platform, cloud, dan peranti keras. Intinya teknologi IOT ini harus terhubung dalam protokol komunikasi standar (Internet) untuk menerima dan mengirim pesan/informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya