Tekan Lakalantas, Polres Wonogiri Galakkan Sosialisasi hingga ke Desa

Polres Wonogiri berupaya menggalakkan sosialisasi tentang keselamatan di jalan sampai ke tingkat desa atau kelurahan.
SHARE
Tekan Lakalantas, Polres Wonogiri Galakkan Sosialisasi hingga ke Desa
SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Dani Permana Putra, memeriksa kelengkapan surat kendaraan salah satu pengendara saat operasi ketertiban kendaraan di di dekat Terminal Ngadirojo, Senin (4/9/2017). (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRIKecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Wonogiri sepanjang 2021 turun turun 78 kasus atau 11,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Meski demikian, jumlah korban meninggal dunia karena lakalantas pada 2021 masih tergolong banyak.

Jumlah lakalantas pada 2021 tercatat 686 lakalantas yang mengakibatkan 66 korban meninggal dunia dan 753 orang luka ringan. Sementara pada 2020, tercatat 764 lakalantas dan mengakibatkan 72 korban meninggal dunia dan 825 luka ringan.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Guna mengurangi jumlah kasus lakalantas, Polres Wonogiri berupaya menggalakkan sosialisasi tentang keselamatan di jalan. Sosialisasi dilakukan sampai ke tingkat desa atau kelurahan.

Baca Juga: Sepeda Motor Dominasi Kecelakaan Lalu Lintas di Wonogiri pada 2021

Para kepala desa (kades) yang sudah diberi sosialisasi diharapkan menyosialisasikan hal yang sama kepada warga. Sosialisasi yang perlu disampaikan kepada warga seperti memberi pemahaman kepada anak agar bijak dalam menggunakan kendaraan.

Ditekankan pula supaya anak tak mengoperasikan kendaraan sebelum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Kami sering mendapat informasi di ruas jalan tertentu ada banyak pelanggaran. Kami selalu menindaklanjutinya. Kalau pada 2020 dan 2021 penindakan yang kami lakukan fokus pada pelanggaran kasat mata dan penegakan disiplin protokol kesehatan,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Wonogiri, AKP Marwanto, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, kepada Solopos.com, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: 66 Nyawa Melayang di Jalanan Wonogiri selama 2021

Dia melanjutkan, pada awal Januari 2022 ini sudah ada beberapa lakalantas yang terjadi di sejumlah wilayah. Dari kejadian itu, tiga pengendara sepeda motor meninggal dunia. Marwanto mengingatkan pengguna jalan selalu berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas.

Seperti diberitakan sebelumnya, lakalantas di Wonogiri sepanjang 2021 didominasi oleh sepeda motor. Jumlah sepeda motor yang terlibat kecelakaan selama 2021 di Wonogiri mencapai 904 unit.

Data itu berkorelasi dengan tingkat pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran pada 2021 paling banyak dilakukan pengendara sepeda motor. Kendaraan yang melanggar terbanyak sepeda motor, yakni 3.490 unit.

Baca Juga: Operasi Yustisi Usai, Polres Wonogiri Fokus Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Jenis pelanggaran terbanyak adalah tak memakai helm, terbanyak kedua menyangkut kelengkapan kendaraan, urutan ketiga pelanggaran rambu lalu lintas.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago