SOLOPOS.COM - Teja Paku Alam (kiri) menahan tendangan dari pesepak bola Bhayangkara FC, Ezechiel Ndouasel, pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (6/2/2022) malam. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Solopos.com, SOLO — Teja Paku Alam, penjaga gawang Persib Bandung saat ini sering menjadi perbincangan pencinta sepak bola Tanah Air. Hal itu tak lepas dari ketangguhannya menjaga gawang Persib Bandung hingga belasan kali mencatatkan rekor tak kebobolan di ajang Liga 1 musim ini.

Teja merupakan kiper kelahiran Painan, Sumatra Barat pada 14 September 1994. Sebelum memulai karier profesional pada 2013, Teja bergabung bersama Deportivo Indonesia pada 2011 sampai 2012.
Klub itu terkoneksi dengan pelatihan sepak bola di Uruguay dan dihuni pemain berusia 16 hingga 19 tahun. Pemain binaan klub tersebut akan ikut berpartisipasi dalam Quarta da Quinta Division, sebuah kompetisi sepak bola junior di negara tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Striker Persis di Liga 2 Jadi Pemain Terbaik Pekan Ini di Liga 1

Teja kemudian bergabung dengan Sriwijaya FC untuk bermain di U-21. Setelah enam tahun memperkuat Laskar Wong Kito, Teja hijrah ke Semen Padang hingga akhirnya berlabuh di Persib Bandung pada 16 Januari 2020.
Maung Bandung menjadi klub yang paling sedikit kebobolan hingga pekan ke-31 Liga 1 2022. Tercatat gawang Persib baru kebobolan 20 gol. Padahal pemuncak klasemen sementara, Bali United telah kebobolan 30 gol.

Penampilan cemerlang Teja membuatnya mendapat berbagai penghargaan. Salah satunya adalah Pemain Terbaik Liga 1 pada Januari 2022. Prestasi itu merupakan penghargaan pertama dari penyelenggara liga untuk pemain yang berposisi penjaga gawang.

Teja terpilih oleh Technical Study Group (TSG). Ketua Tim TSG, Yeyen Tumena, menjelaskan penentuan Teja sebagai pemain terbaik karena beberapa pertimbangan. Salah satunya performa Teja yang dinilai meyakinkan sepanjang Januari 2022.

“Selama Januari, dia tercatat sebagai kiper dengan jumlah penyelamatan paling banyak. Penampilannya juga menunjukkan andil besar pada hasil akhir yang dicapai tim,” kata Yeyen Yumena dikutip keterangan resmi Liga Indonesia Baru (LIB), Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Kesan Pemain Liga 1 di Solo, Tengkleng Pak Manto hingga Warga Ramah

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, menyatakan penobatan Teja sebagai pemain terbaik edisi Januari menunjukkan fakta bahwa persaingan penentuan pemain terbaik per bulan sangat kompetitif dan obyektif.

“Pemain terbaik selalu didominasi oleh deretan striker atau midfielder yang produktif. Teja membuktikan bahwa kiper bisa juga menunjukkan kontribusi besar,” kata dia.

Pelatih Teja, Luizinho Passos, turut mengapresiasi kerja keras Teja hingga mendapatkan penghargaan sebagai kiper terbaik pada Januari 2022. Teja memiliki kemampuan yang sangat menonjol. Pelatih Brasil itu menilai bahwa Teja pantas sekali menerima penghargaan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya