SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa diwawancara di Balai Kota Solo, Selasa (10/5/2022). (Espos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa bakal menjabat sebagai Pelaksana Harian atau Plh Wali Kota Solo selama Gibran Rakabuming Raka berada di Paris, Prancis.

Rencananya, Gibran bersama dua pejabat lain di Pemkot Solo akan mendampingi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menggelar pameran berbagai produk kreatif unggulan dan kebudayaan di Paris, Prancis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rombongan akan berangkat pada Sabtu (4/5/2022). Gibran dijadwalkan berada di Paris selama lima hari hingga sepekan. Sesuai Pasal 3 Perwali No 7/2018, apabila ada pejabat definitif yang berhalangan sementara paling singkat tujuh hari kerja maka ditunjuk Plh.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo, Dwi Ariyatno, menjelaskan Wali Kota Solo akan menunjuk Wakil Wali Kota menjadi Plh per Sabtu. Teguh Prakosa menjadi Plh hingga sekitar sepekan berikutnya.

Sebagai Plh, Dwi mengatakan Teguh Prakosa akan menjalankan tugas-tugas rutin Wali Kota. Namun, Teguh tidak bisa mengambil kebijakan. “Tugas Plh ya rutinitas harian, di luar pengambilan kebijakan,” katanya, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: Teguh Prakosa Bakal Jadi Plh Wali Kota Solo, Ada Apa?

Hal itu sesuai Pasal 10 Perwali No 7/2018 tentang Pelaksana Tugas dan Pelaksana Harian di Lingkungan Pemerintah Kota Surakata. Pada poin 1 disebutkan tugas Plt dan Plh adalah melaksanakan tugas rutin dalam arti melaksanakan tugas jabatan dan tugas sehari-hari dan pejabat defiitif.

Tindakan Strategis

Lalu poin 2 menyebutkan Plt dan Plh mempunyai wewenang yang sama dengan pejabat definitif kecuali wewenang mengambil keputusan dan/atau tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian dan alokasi anggaran.

Tugas Plh seperti yang akan dijabat Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa akan berakhir jika pejabat definitif yang berhalangan sementara telah kembali menjalankan tugas dan wewenangnya.

Baca Juga: Sebelum Berangkat Ke Paris, Gibran Lantik 74 Pejabat Pemkot Solo

Seperti diketahui, Gibran akan berangkat ke Paris, Prancis, untuk mendampingi para pelaku UMKM mengikuti pameran produk yang akan berlangsung pada 8 Juni 2022 hingga 15 Juli. Pameran digelar di BHV Marais, mal yang satu grup dengan galeri Lafayette.

Selain Wali Kota Solo, lanjut Dwi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko serta Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo Wahyu Kristina juga ikut ke Paris.

Tim serta barang untuk kegiatan pameran sudah siap. Tim menunggu Gibran berangkat ke Paris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya