SOLOPOS.COM - Tangkapan layar-Gubernur Jawa Barat mengenang putra sulungnya Emmeril Khan Mumtadz (Eril) yang diyakini telah meninggal dunia akibat hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss. (Youtube Humas Jabar)

Solopos.com, JAKARTA—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya berbicara ke publik sejak putra sulungnya Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dikabarkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, 26 Mei 2022.

Ridwan Kamil mengungkap detik-detik almarhum Eril sempat menolong ibu dan adiknya sebelum akhirnya hanyut terbawa arus Sungai Aare.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pernyataan tersebut diungkapkan Kang Emil, sapaan akrabnya, saat melakukan pengajian keluarga untuk mengenal almarhum Eril di Rumah Dinas Gubernur Jabar atau Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (5/6/2022).

Baca Juga: Eril Belum Ditemukan, Dubes RI dan Adik Ridwan Kamil Temui Polisi Bern

Awalnya, Ridwan Kamil mengatakan Sungai Aare berbeda dengan sungai di Indonesia. Jika sungai di Indonesia berasal dari mata air, maka Sungai Aare bermuara dari salju es yang mencair.

“Jadi walaupun cuacanya biru dan panas, tapi airnya (dingin) seperti air kulkas. Pas kejadian (Eril hanyut) kami menduga ada kram,” Ridwan Kamil mengatakan fisik almarhum Eril lebih tinggi dari dirinya dan sedang dalam kondisi fit.

Bukan itu saja, dia juga mengungkapkan putra sulungnya tersebut memiliki lisensi menyelam atau diving license.

Baca Juga: Momen Ridwan Kamil Ajak Adik Eril saat Ngantor Lagi di Gedung Sate

Dia menilai menurut logika fisik seharusnya aman. Namun, dia mengatakan logika manusia tersebut tidak pernah ada yang mengetahuinya selain Allah SWT.

Kang Emil menuturkan kebanggannya atas apa yang telah dilakukan Eril di saat insiden tersebut terjadi. Bahkan, Eril sempat melarang sang ibu Atalia Praratya untuk masuk ke sungai dan merelakan pelampungnya dikenakan sang adik, Camilla Azzahra.

“Bahkan di saat kejadian itu, Eril selamatkan Ibunya dengan melarangnya (Atalia) masuk ke sungai. Eril juga merelakan pelampung itu untuk adiknya. Kamu sejatinya adalah pahlawan,” ujarnya.

Baca Juga: Bikin Haru, Pesan Atalia Kamil: Ril, Mamah Pulang Dulu ke Indonesia Ya…

Pada akhir video, Ridwan Kami memohon maaf atas nama almarhum Eril jika semasa hidupnya ada hal-hal yang kurang berkenan.

“Sekarang kami meyakini anak kami dalam perlindungan pemilik-Nya, Allah SWT. Dengan cara terbaiknya, dengan doa-doa kita Insya Allah bisa menjadi penerang di manapun dia berada. Atas nama keluarga kami mohon maaf,” ucap Ridwan Kamil.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ridwan Kamil Ungkap Detik-Detik Eril Tolong Ibu dan Adiknya Sebelum Hanyut di Sungai Aare

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya