SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi. (Dok.JIBI/Solopos.com)

Solopos.com, MALANG — Seorang mahasiswi kebidanan di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) melakukan perbuatan tidak terpuji. Mahasiswi di Malang itu tega menjadi pembuang bayi yang baru saja dilahirkannya, dengan cara dimasukkan dalam kresek atau kantong plastik berwarna hitam.

Bayi malang itu akhirnya ditemukan warga Desa Ledoksari, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Kamis (14/10/2021). Saat ditemukan, ada bekas luka cekikan di leher bayi malang itu. Selain itu, tali pusar bayi tersebut juga masih ada, atau seperti kondisi bayi yang baru saja dilahirkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beruntung, saat ditemukan nyawa bayi itu masih bisa diselamatkan. Bayi itu lantas dibawa ke Puskesmas Tumpang untuk menjalani perawatan.

Baca juga: Sebelum Dibuang Ibunya Sendiri, Mulut Bayi di Wonogiri Sempat Diplester

Setelah ditemukannya bayi itu, polisi akhirnya melakukan penyelidikan. Akhirnya, terungkap jika pelaku yang membuang bayi tersebut adalah mahasiswi kebidanan yang tengah menjalani praktik di Puskesmas Tumpang.

Ia membuang bayi itu lantaran malu karena bayi tersebut merupakan hasil hubungan gelap atau di luar pernikahan.

Kasatreskrim Polres Malang, AKP Dony Bara’langi, mengungkapkan mahasiswi yang tega membuang bayi itu berinisial DD. Ia seorang mahasiswi kebidanan di Malang asal Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Ia baru dua pekan melaksanakan praktik di Puskesmas Tumpang,” ujar Dony, dikutip dari suara.com, Jumat (15/10/2021).

Saat ini, polisi tengah menangani kasus tersebut. Dony menyebut bayi itu sudah diminta oleh keluarga DD, atau si pelaku untuk dirawat.

Baca juga: Tok! Wali Kota Malang Didenda Rp25 Juta atau Penjara 20 Hari

“Untuk kepastiannya nanti akan kami sampaikan lebih lanjut. Kemungkinan bayi ini akan kami serahkan ke pihak keluarga DD untuk dirawat. Tentunya dengan sepengetahuan ibu DD selaku ibu kandungnya,” ujarnya.

Dony mengaku awalnya mendapat laporan adanya penemuan bayi tanpa identitas. Saat diperiksa di lokasi kejadian, memang benar ada penemuan bayi yang terbungkus plastik tanpa identitas, dan masih memiliki tali pusar.

“Saat meminta kesaksian dari beberapa pihak, salah satu saksi mengaku melihat seorang perawat yang belakangan ini tengah hamil. Kemudian dugaan kami mengarah kepadanya, bahwa ia adalah ibu kandung dari bayi itu,” jelasnya.

Setelah mendapat informasi itu, polisi pun memeriksa mahasiswi tersebut di kediamannya. “Di sana kami menemukan DD tengah terbaring lemas, seperti pasca-melahirkan. Ia kemudian mengakui bahwa bayi itu adalah anaknya,” kata Kasatreskrim Polres Malang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya