SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes Covid-19 (Antara)

Solopos.com, MAKASSAR — Tim Polsek Rappocini membongkar praktik tes Covid-19 palsu yang dijalankan klinik kecantikan HOB, di Jalan Andi Djemma, Makassar, Sulawesi Selatan.

“Saat ini dalam proses penyelidikan dan kasus telah ditangani di Polrestabes Makassar,” kata Kanit Reskrim Polsek Rappocini, AKP Moh Arifin membenarkan saat dikonfirmasi wartawan, Senin (17/1/2022) malam.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Dari informasi yang diterima Antara, terbongkarnya praktik jasa tes Covid-19 baik tes PCR maupun antigen tanpa harus menjalani tes, berawal dari laporan salah satu pegawai baru di klinik setempat bahwa ponselnya hilang.

Baca Juga: Obat Covid-19 Molnupiravir Segera Diproduksi di Indonesia

Tim Resmob kemudian melakukan penyelidikan dan penggeledahan hingga menemukan ponsel dengan bukti percakapan antara pemilik klinik berinisial dokter CMW di pesan media sosial.

Terdapat percakapan di ponsel terkait dugaan pembuatan hasil tes PCR dan antigen Covid-19 diduga dibuat secara tidak resmi untuk digunakan sebagai dokumen penebangan.

Selain itu, dari keterangan saksi berinisial AI yang bekerja baru sepekan di klinik tersebut, memang mengetahui pembuatan tes corona sejak hasil diberlakukan pemerintah sebagai syarat calon penumpang untuk bepergian menggunakan pesawat di bandara.

Baca Juga: Tawarkan Kartu Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Palsu, Dua Pemuda di Klaten Ditangkap

Biaya yang dipatok untuk tes PCR antara Rp700.000 hingga Rp900.000. Sementara tes antigen Rp200.000 hingga Rp400.000 tanpa harus di tes. Terduga pelaku kini diamankan di Polrestabes Makassar untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Barang bukti yang disita petugas saat pengeledahan pada Jumat, 14 Januari 2022 yakni lima ponsel, satu ipad, satu printer, satu monitor komputer bersama perangkatnya serta tiga unit alat debit kartu perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya